☺ The Journey of MazEdhoy™ ☺

Happening Place Hunter ☺ World Traveler ☺ Friends Reunited ☺ Community Developer ☺ Cross-Cultural Thinker

11 July 2011

T-BOSIET, Day-2 : HUET & Boat Transfer

Cyberedhoy, Cilegon
10.07.11

Apa tuh HUET? sejenis tokoh kartun kah? oh bukan...HUET itu Helicopter Under Escape Training, bagian dari cara kabur dari helicopter yang jatuh khususnya di air/offshore. Sebenernya ada tips sewaktu milih tempat duduk di choper dalam kondisi sebenarnya, duduk deket pintu dan dekat life raft. Satu hal lagi yang harus diperhatiin sewaktu kita naik/turun dari helicopter itu adalah rotor-nya (baling-baling atas). Makanya kalo naik helicopter selalu dari samping, bukan dari depan/belakang karena pas di samping, arah rotornya cenderung ke atas.


Kira-kira gimana kalo pas di atas situasinya seperti ini?
Atau kejadiannya terlanjur seperti ini?

Nah, inilah kenapa kita belajar tentang HUET ini. Tujuan training ini menurut panduan Samson Tiara yaitu to train students to react to and to survive a helicopter ditching at sea. The training is comprised of classroom sessions on aspects of offshore helicopter operations, safety and survival equipment, procedures for ditching preparation, upright helicopter evacuation, and inverted (underwater) egress techniques. The practical aspect of the course is surface and underwater evacuation exercises conducted in the Modular Egress Training Simulator™ (METS™). The METS™ utilizes functional replicas of the emergency exits installed in the helicopters currently flying offshore in Indonesia. This gives the student realistic and 'State of the Art' training with the same type of equipment they will be functioning in a real situation.                       

So, jangan takut naik heli...pelajari dulu bagian-bagiannya nih....


Helicopter terbang rata-rata tingginya 1000-2000 feet di atas permukaan laut, sekitar 300 meter lah. Kalo ada masalah di atas, pilot bakalan kasih intruksi akan mendarat darurat. Penumpang diminta pre-ditching checks. Mulai dari beware of head (lepas headset, lepas kacamata, gigi palsu), terus cek life jacket yang sudah terpasang di badan kita sebelum terbang, cek seat belt, cek emergency door posisi buka, terus posisikan badan untuk brace for impact (badan membungkuk, posisi satu tangan pegang besi di bawah bangku, satu tangan di belakang lutut yang posisinya 90 derajat). Posisi tangan yang satu untuk buka jendela/pintu darurat, satu lagi buka seat belt. Nah, kalo mendarat di atas permukaan air, pastikan rotor berenti dulu baru keluar setelah life raft di lempar keluar dan mengembang.

Untuk helicopter yang 'nyemplung ke bawah permukaan air, kita keluarnya setelah semua kabin penuh berisi air. Lho kok? ya iyalah, nunggu rotor mati sendiri setalah kena air. Terus dorong pintu, pegang frame pintu, buka selt belt baru keluar cabin, tarik tali di life jacket biar ngembang dan terangkat ngambang ke atas permukaan air.


Buat lulus praktek ini, ada beberapa tahap yang mesti kita lewatin nih...
1. Buka pintu/jendela darurat, buka seat belt, terus evakuasi ke life raft.
2. Kabur lewat pintu yang udah terbuka, buka seat belt, saat helicopter 'nyemplung vertical.
3. Buka pintu/jendela darurat, buka seat belt, saat helicopter 'nyemplung vertical.
4. Kabur lewat pintu yang udah terbuka, buka seat belt, saat helicopter 'nyemplung terus terbalik di bawah.
5. Buka pintu/jendela darurat, buka seat belt, saat helicopter 'nyemplung terus terbalik di bawah. 


Untung gue lulus meski minum beberapa teguk dan sempet batuk2. hehe...gak disuruh 'ngulang kayak salah satu temen sekelas yang keluar sambil bawa seat belt yang ternyata dibuka sama diver pengawas karena gak bisa buka sendiri dibawah. Pokoke gimana kita kabur kurang dari 10 detik dari bawah air dengan prosedur yang bener. seru yah...
Nah, kalo mau lihat serunya bisa lihat di sini nih :  http://www.youtube.com/watch?v=CQqVOfbEmCI

Istilah-istilah yang mungkin pembaca enggak paham nih :

Life Raft



Life Jacket





Written by Edhoy, Photos by Edhoy.
Reference : http://www.samson-tiara.co.id/samson/course.aspx?q=5195
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

1 Comments:

Fotonya lebih cakep dari hari pertama


salam,
LT
www.transafeindonesia.com
 

Post a Comment