25 December 2009

Malam Natal 2009

Cyberedhoy, Cipayung
25.12.09

Natal tahun ini gw misa di Paroki Cilangkap yang gak jauh dari rumah, jalan kaki paling 600m. Umat di Paroki St. Yohanes Maria Vianney ini sekitar 5000 jiwa, tapi udah lebih dari 12thn blom punya gereja sendiri. Maklum perijinan bikin gereja tuh dipersulit & byk provokator dari luar yg provokasi warga sekitar buat nentang pembangunannya.


Semangat warga Paroki ini emang pantang menyerah, meskipun sekarang kl misa sementara di Aula yang dibangun di kawasan sekolah Budi Murni ini, tiap kali misa / perayaan hari raya selalu meriah & full. kemarin gw misa pertama aja hampir 2200 org yg datang, menurut panitia yg hitung dari pintu masuk Aula. Romo Hadi udah hampir 10 tahun tugas di sini, dalam kotbahnya semalem dia menyoroti krisis identitas yg dialami kaum muda Katolik sehingga banyak yg pindah kavling.hehe...ini gara2 ibu2 WK pada curhat sih waktu rekoleksi minggu lalu. Jadi dia bahas deh ;)

Gue pribadi sangat prihatin ya sebagai kaum minoritas di bangsa yang ngakunya beragama, dgn sila pertama pancasila aja Ketuhanan YME, trus di UUD 45 negara menjamin kebebasan beragama. Tapi kok yang diurusin yg mayoritas mulu, kita mau bangun gereja aja susah bgt. Padahal ikutin prosedur urus IMB, minta ijin & persetujuan warga sekitar, tp justru dari birokasi & org luar yg mempersulit. Tapi ya itulah resiko ikut Kristus, bakalan dapet penolakan luar biasa dr orang2 yg bersebrangan. Justru kita ga boleh dendam, maafkan & doakan mereka aja supaya sadar, ga perlulah ribut2. Minggu lalu juga ada gereja yg lagi membangun sama spt kita malah dirusak massa di Bekasi. So, dimana keadilan? Aparat?

Makna Natal sendiri itu bukan cuma memperingati kelahiran Yesus, tapi juga menerima cinta kasihnya yg diperbaharui setiap tahun. Kalau kita mencintai, membantu & berbuat baik terhadap sesama kapan saja. Itulah Natal. Jadi bukan karena buku paling laris sepanjang sejarah dunia, bukan dari cerita peling hebat yang pernah terungkap, bukan pula tentang anak manusia paling kontroversial. Natal dipersembahkan untuk orang2 yang tidak perlu mencari Kristus. Karena dia ada di Relung hati tiap manusia yang merasakan kasih-Nya. Selamat Natal teman2ku yang merayakan, GBU all.


Written by Edhoy, Photo by Erik BW.
© 2009 Cyberedhoy & Tour de JaBal

No comments:

Post a Comment