18 December 2009

Motor Setan!

Cyberedhoy, J-Town
17.12.09

Hari ini gue bike to around the city, mulai dari Cipayung-Cibubur-Depok-Cempaka Putih-Kemayoran-Depok lagi &kembali ke Cipayung. Berapa kilo tuh? tau deh, lupa kiloin cuy...

Bukan cuma pegelnya sih, tapi kesel juga gara2 tiap kali macet / berenti lampu merah selalu ada aja motor setan (istilah gue buat motor dua tak & knalpot bodongnya). Setau gue pabrik udah punya standard emisi menurut aturan pemerintah. Tapi kenapa makin banyak aja motor modifikasi yg gak perhatiin keselamatan & kenyamanan berkendara di jalan ya?

Emang kalo pake motor gitu terus dibilang gaul apa? gue aja liatnya risih, heran sampe mau pingsan gak tahan bau kentutnya. Loe tau gak kalo penggunaan kendaraan bermotor menyebabkan lebih banyak polusi udara daripada kegiatan lain apapun, menimbulkan hampir separo oksida nitrogen yang diakibatkan ulah manusia, dua pertiga karbon monoksida, dan separo hidrokarbon di kota-kota industri, di samping hampir seluruh timah di udara di negara-negara berkembang.

Parahnya, hampir tiap lewat Mabes TNI Cilangkap jam berangkat & pulang pegawai sana selalu ketemu kendaraan2 yg gak layak pakai. Motor butut & bis anter jemput yang terpaksa jalan 'ngeden sambil buang asep item ngepul2. hah, lebih parah lagi bis2 & angkot di jajaran Dephub. Gila, aparat aja gak bisa jadi contoh, gimana mau tegakkin aturan yah? hehe...

Energi alternatif selain BBM kok gak populer yah? padahal kita punya pilihan lain yang lebih baik kayak non-petroleum seperti metanol, etanol, gas alam yang dimampatkan atau gas petroleum cair, hidrogen atau baterai listrik, karena bahan-bahan bisa menghapus pencemaran oleh pipa knalpot.

Anak Motor...bikin dong resolusi ubah gaya hidup loe, ngapain motor dimodif kalo keliatan lebih kumel? loe pikir gak malu apa keluarga loe punya motor bagus2 eh, dibikin ancur?? mau jual / perpanjang STNK & jalan2 kejalur kota juga susah kaleee...hidup loe udah susah, makin tambah susah aja doel, doel...setan loe pade!!


Written by Edhoy, Photo by Daus http://daus1975.files.wordpress.com/2007/10/polusi-udara-sumber-wwwbplhdjakartagoid.gif 
© 2009 Cyberedhoy Inc, All Rights Reserved.

No comments:

Post a Comment