02 January 2010

Gilimanuk, burung yang bikin Geli (Bali 7.3)

Cyberedhoy, Gilimanuk
02.01.09

Penyebrangan dari Bali (pelabuhan Gilimanuk) ke pulau Jawa (pelabuhan Ketapang) yang begitu dekat kayaknya bukan masalah yang besar buat pemerintah propinsi setempat.

Beberapa fakta aneh terlihat dari mulai masuk pelabuhan, gampang banget ga ada security check. Tarif angkutan penyebrangan cuma bayar sesuai jenis kendaraan, orang di dalemnya gak dihitung, kecuali orang yang gak bawa kendaraan dikenai tarif ekonomi 5700/per orang dewasa. Pantesan aja kalo ada kapal tenggelam gak ada data pasti berapa orang yang ada di sana, kacau ;)

Dari atas kapal ferry kita mencoba menganalisa hal itu dengan nyamar jadi wartawan harian nasional "Kompos". Awalnya begitu turun dari mobil kita dengan PD-nya naik sampe anjungan kapten di lantai 3, terus kebelakang. Orang2 pada ikutin juga. Padahal jelas2 di lantai 2 ada tulisan di pintu 'kabin penumpang-full ac'. Hehe, akhirnya kita semua turun lagi & masuk kabin itu. Yang merasa ketipu misuh2, yang terlanjur malu milih tetep di atas aja.

Di kabin penumpang lumayan bagus & luas, tp membosankan dengan suguhan karaoke gending jawa gitu. Akhirnya tim wartawan 'Kompos' foto2 narsis di deck kapal, bridge tempat nahkoda & bagian2 terlarang kayak pager atas sisi kapal. Hahaha

Seksi tanya jawab ala wartawan investigasi terjadi di ruang kemudi, Jayen sebagai kameramen merekam obrolan Gue, Eko & seseorang yang kami curigai sebagai nahkoda. Sementara ABK yang lain tau diri pada keluar anjungan.


Kerusuhan terjadi ketika Gue & Jayen acting spontan sbg teroris yang digerebek Densus 88. Sementara si Eko gantian jadi kameramen. Tiba2 bapak yang kita wawancarai ninggalin ruangan kayaknya takut ditangkep atau terganggu banget sama kehadiran kita2 ;)

Singkat cerita kita2 kumpul lagi di mobil sambil nunggu pintu kapal dibuka pas merapat pulau Jawa. Ujug2 tukang parkir persis di sebelah kita adalah orang yang kita wawancara di atas. Gubrak! Pantesan kapal sering tenggelem. Ternyata tukang parkir yang jadi nahkoda-nya. Haha...


Tarif penyeberangan
Dewasa 5,700/org
Anak 4,200/org
Sepeda 7,500
Motor 14,000
Mobil berpenumpang 94,000
MObil barang 87,500
Bis/truck >180,000



Written by Edhoy, Photos by Edhoy & Echo
© 2010 Cyberedhoy & Tour de JaBal

No comments:

Post a Comment