15 January 2010

Taman Budaya GWK (diBALIk perjalanan, bagian-2)

Cyberedhoy, GWK
15.01.10

Cultural Park (taman budaya) Garuda Wisnu Kencana dirancang dan dibangun oleh Nyoman Nuarta, salah satu pematung terkemuka di Indonesia, patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan bangunan pendukungnya akan berdiri setinggi 150 meter dengan bentangan sayap selebar 64 meter. Dibuat dari 4000 ton lebih perunggu dan tembaga, patung ini menggambarkan Dewa Wisnu, sumber kebijaksanaan, sedang mengendarai punggung burung legenda Garuda sebagai manifestasi kesadaran menuju Amerta.

Patung GWK akan dikelilingi oleh lebih dari 240 hektar taman budaya yang awalnya merupakan tambang batu kapur yang tidak produktif dan sudah ditinggalkan. Taman budaya GWK akan menyediakan pertunjukan bagi pengunjung domestik maupun asing dengan fasilitas penunjang seperti Lotus Pond, Festival Park, Amphitheater, Street Theater, Exhibition Hall, dan juga Jendela Bali The Panoramic Resto dan toko suvenir. Untuk sementara, patung Wisnu, Garuda dan tangan Wisnu ditempatkan di tiga plaza yang berbeda.
Taman Budaya GWK ditujukan untuk mendidik, khususnya generasi muda, mengenai pentingnya menjaga dan mengembangkan warisan budaya dunia.
Sebagai titik pusat GWK, Patung Wisnu setinggi 20 meter yang terbuat dari tembaga telah ditempatkan untuk sementara di bukit tertinggi di Ungasan di mana pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan terbenam di atas pemandangan menakjubkan pantai Kuta, Benoa, dan Sanur. Tempat ini diberi nama Plaza Wisnu dan di halaman plaza ini terdapat Parahyangan Somaka Giri, air mata suci yang terus menerus mengeluarkan air melalui batu yang banyak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit atau memberikan hidup yang lebih lama.


Tepat di belakang Plaza Wisnu terdapat Plaza Garuda di mana Patung Garuda setinggi 18 meter diletakkan untuk sementara. Saat ini, Plaza Garuda menjadi titik pusat dari lorong besar yang diapit oleh pilar batu kapur yang mencakup lahan terbuka seluas 4000 meter persegi yang diberi nama Lotus Pond. Pilar batu kapur yang kolosal dan Patung Garuda yang monumental menjadikan Lotus Pond sebagai tempat yang eksotis. Dengan kapasitas ruang yang dapat menampung sampai 7000 orang, Lotus Pond telah dikenal dengan baik sebagai tempat yang sempurna untuk menyelenggarakan acara yang besar maupun acara internasional.


Salah satu bagian dari Patung Garuda Wisnu Kencana yang telah selesai adalah Patung Tangan Wisnu. Selesai pada bulan Januari 2008, Patung Tangan Wisnu diletakkan di Tirta Agung untuk sementara.









 Taman Budaya GWK adalah tujuan wisata yang terletak di Bali bagian selatan dengan lokasi yang strategis, hanya 10 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, 25 menit dari Kuta, dan 20 menit dari pelabuhan Benoa dan Nusa Dua. Taman Budaya GWK akan mendukung dan memperkaya infrastruktur pariwisata Bali yang sudah ada saat ini.

Dari atas loe bisa intip pake teropong, cuma goceng udah bisa liat Bali arah ke bandara, pantai Nusa Dua, dll.



Re-written by Edhoy, taken from http://gwk-culturalpark.com
Photo by Edhoy, Echo & GWK.
© 2010 Cyberedhoy & Tour de JaBal

No comments:

Post a Comment