04 February 2010

Geotechnical Project (Borneo – Seasons 2A)


Cyberedhoy, Delta Mahakam
02.02.10


Seminggu di Jakarta gue sempet ‘ngerasain natalan 2003 di rumah, urus perpindahan ke oil company TEPI, dan dua hari kemudian udah cabut lagi ke Borneo. Agak beda sekarang, gue gak sendirian lagi, tapi bareng beberapa teman2 baru dari TEPI. Sampe Balikpapan ternyata gak dari Jakarta aja, ada yang dari Bandung, Yogya, Semarang, dll. Mereka udah lebih senior, dan gue paling muda di situ. Rekan satu tim gue juga anak baru asal Semarang, namanya Budi. Orangnya gokil abis, omong Jawa mulu.


Sampe kantor baru di CPU Tatun, gue langsung diajak keliling site office seputaran pulau yang jadi basecamp sekaligus area process production facilities itu. Kalo ini posisinya juga terasing, salah satu pulau di daerah Tambora/Tunu di delta mahakam. Tapi semua fasilitas ada, lengkap & lebih nyaman. Serasa lagi liburan di villa aja tuh…Setelah di briefing ikutan safety induction, baru gue ditemuin boss baru. Ternyata dia perwakilan dari TEP Prancis, namanya Oliver Poudens dan Jean Pierre Crespin. Proyek ini langsung di bawah manajemen Prancis, agak istimewa karena gue dikasih fasilitas yg lebih bagus dari temen2 yang udah kerja puluhan tahun di situ. Minimal pegang telepon satelit sendiri, disubsidi pulsa telpon, speedboat plus driver & asisten buat traveling ke site..

Dua minggu pertama berdua sama Budi gue diajak keliling pengenalan lapangan, gimana eksekusi work permit, gimana kordinasi sama drilling rig yang lagi ‘ngebor cari minyak di sekitar area project gue, simulasi safety evacuation kalo terjadi apa2 di lokasi drilling, ‘ngadepin masalah teknis dan dilepas sendirian awasin kontraktor yang bandel2. Waktu itu kontraktornya dari Malaysia, crew dari Malaysia & Philipina, tapi engineer-nya dari Australi dan Prancis. Tiap hari ada aja konflik kepentingan, gue sebagai klien maunya kan kerja mereka bener, aman, sesuai prosedur & hasilnya bagus.


Maklum, tugas pertama gue supervise kerjaan Geotechnical Drilling yang sebenernya ilmu drillingnya simple, lebih susah versi kuliah. Dan fungsinya bukan cari minyak, tapi tau kandungan fisik tanah sampe kedalaman 150 meter aja terus dianalisa untuk tau kekuatan & karakteristik gimana nanti kalo di buat tiang pancang untuk platform produksi migas. Jadi office hours gue main ke lokasi, nongkrong pantau via LCT (landing craft tank), namanya Sealink Indah dari Malaysia. Sejenis kapal pengangkut peralatan berat yang juga dirancang sebagai rig kalo drilling pas di lokasi swamp offshore.



Di lapangan Gue dan Budi punya back to back namanya pak Joe dan pak Sandy, jadi kalo kita gak di sana ya mereka yang gantiin. Pernah ada kejadian lubang bor keluarin gas dan semburan lumpur naik ke atas (blow out) gak berenti, mirip sama lapindo yang berselang gak lama setelah kejadian itu (tuh liat gambar di kiri, red). Untungnya pas back to back gue di sana, jadi mereka yang sibuk urusin berhari2 karena gue off dua minggu. Makanya pas balik ke sana urusannya udah kelar, dan drilling gak diterusin. Pindah ke lokasi baru.


Selama pre-engineering survey ini Gue jadi tau proyek apa aja yang bakalan ada di delta mahakam selanjutnya. Pengembangan lapangan, daerah rencana eksploitasi sumur migas baru dan rencana bikin area site office lagi di selatan area TEPI deket selat Sulawesi. Makanya gak heran kalo orang kantor lain divisi suka nanya, “kira2 mau ada apa lagi mas?”. Secara karyawan TEPI Indonesia di situ gak gitu paham apa yg dikerjain TEPI Prancis ini. Mereka Cuma taunya kalo pas ada proyek baru, tiba2 udah ada tambak udang di sana. Padahal waktu survey awal macam ini blom ada lho. Hahaha…yang punya tambak kaya mendadak deh, dapet pengantian lahan. Padahal itu tanah negara. Grrrgghh!!

Empat bulan pertama gabung di TEPI gue dapet banyak ilmu, gimana ‘ngadepin orang baru yg multi culture dari hulu ke hilir. Punya banyak temen dari Prancis, Aussie, Philipine, Malaysia, Inggris sampe Afrika. Seru banget…kalo ada waktu sengang obrol masalah maritim & negara sama pak Djatmiko, L/O Migas (liaison officer) seorang pensiunan marinir berpakat kolonel. L/O ditugasin di lokasi dimana ada kegiatan drilling/survey seismik migas.

Terus ketemu temen kuliah S1 pas mampir drilling rig beneran yang targetnya cari migas, makan siang di rig besar terus tagihan seminggu di charge ke boss gue karena beda divisi dia gak mau bayar, soalnya gue makan di situ juga diundang drilling superintendent-nya kalo abis daily meeting. Dan yang gak kalah seru peran pekerja lokal, mereka bikin sore tambah hidup. Mancing & nangkep ikan cuma pake ember doang kalo kerjaan standby. Haha…



Edhoy says “gak tau siapa kawan siapa lawan, yang jelas gue tau mana yang salah tapi gak punya power buat bargaining. Ini tantangan buat pemerintah karena lebih percaya investor asing, mosok hal kayak begini kapitalis lebih berkuasa & lebih tau soal kekayaan alam kita sih? Kalo gue dan temen2 sih waktu itu asyik aja, enjoy diatas penjajahan sistemik. Haha…”


Re-written & Photo by Edhoy.
© 2010 Cyberedhoy live in Borneo.

No comments:

Post a Comment