04 February 2010

Site Activities2 (Borneo - Season 1F)

Cyberedhoy, Delta Mahakam
01.02.10

Waktu itu kalo gak salah mendekati lebaran tahun 2003, jadi orang2 Jakarta udah pada cuti dan pulang. Gue sebagai junior dan newbie gak bisa pulang, malah kerjaan kejar target sebelum akhir tahun satu platform udah terpasang di lokasi. Jadi diuber-uber piling work (pasang tiang pancang). Satu tiang pancang tingginya sekitar 30an meter, pipa baja dengan ketebalan satu inch itu di paksa masuk ke perut bumi dengan menggunakan hammer. Rata-rata satu piling di sambung dua pake las, terus diterusin digetok hammer hingga masuk ke bumi hampir 50an meter dari sea level.



Berhubung gue dari engineering jadi harus pastiin koordinat di gambar sesuai dengan aktualnya, surveyor pastiin posisi piling tegak lurus dan tepat di posisinya pake digital GPS yang ditembak dari tiga titik buat dapet koordinat center pile-nya. Ini penting, karena kalo gak pas, kaki-kaki platform gak bakalan pas waktu mau di pasang. So, ini kerjaan konstruksi pertama di lapangan yang gue pelajari. Dahsyat! Salah perhitungan digantung gue ;)

 
(Platform Delivery)

Kalo piling udah terpasang tinggal nunggu datangnya platform deh, gimana sih cara pasangnya? Begitu paling banyak orang awam gak ‘ngerti gimana kok tiba-tiba platform segede gaban bisa ada di tengah laut. Dari detail engineering dan menurut buku tide table resmi dari TNI AL, kita tau tuh berapa perkiraan tinggi air pasang setiap jam selama setahun. Buku ini jadi panduan semua kapal yang berlayar di seluruh wilayah perairan RI ada di situ. Ini penting buat navigasi kapal, hindari daerah2 dangkal.

 
(Platform Installation)

Nah, pas air pasang cukup tinggi, dan semua persiapan loud out platform ok, baru platform ditarik dari fabrikasi daratan diangkut ke atas barge, baru di tarik ke lokasi via jSungai Mahakam. Lagi-lagi teori Archimedes dipake di sini, kebayang dong kalo kapal gak ballast/ballance? Yup, yang ada tuh platform yang beratnya ribuan ton bisa tenggelem deh. Haha…sampai lokasi baru diatur sedemikian rupa sampe posisi kaki-kaki platform (deck leg) pas sama piling yang udah terpasang. Nah, pas air surut baru deh tuh kaki-kakinya masuk ke piling. Kalo udah stabil & lurus, beberapa hari kemudian baru dilas.


Edhoy says “hi-tech, hi-risk, hi-pressure…gak heran orang2 expert disini dibayar mahal”

Re-written & Photo by Edhoy.
© 2010 Cyberedhoy live in Borneo.

No comments:

Post a Comment