04 February 2010

Site Office-1 (Borneo - Season 2C)

Cyberedhoy, Delta Mahakam
02.02.10

Banyak orang awam dan temen2 gue nanya, loe kalo di site ‘ngapain aja dan kayak apa sih tinggal di tempat jauh dari kota dan hidup terasing minimal dua minggu sebulan??

 
(CPU Tambora Basecamp)

Yup, selama gue tugas di Borneo lebih sering base camp gue di suatu pulau yang entah apa namanya. Konon pulau itu dulunya tempat Kerajaan Kutai simpen harta karun & buang mayat. Hiiii…tapi ini benaran, banyak yang cerita pernah diliatin hal2 aneh kalo malem. Gue sih enggak pernah, oh ya nama pulau itu gue gak ‘ngerti. Ada yang bilang pulau Nubi atau apa kek. Gue taunya ini area process facilities punya TEPI yang di dalamnya ada area proses produksi, perkantoran, restoran, arena olah raga, medical center, punya tower telkomsel sendiri, jaringan satelit sendiri, jetty buat turun ke speed boat kalo keluar via jalur sungai Mahakam dan ada landing chopper, dll…

Gue pertama gabung di TEPI tinggal di base camp CPU Tatun, ini semacam Central Processing Unit untuk lapangan gas Tambora dan Tunu di delta Mahakam. Termasuk di wilayah kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim propinsi terkaya di Indonesia. Tahun 1988 wilayah ini dibangun, tahun 1990 TEPI produksi gas sekitar 300 MMSCFD, mereka buat single platform seberat 2600 ton di atas 16 piles di wilayah Tambora ini. Sekedar info Tambora production plant* ini terdiri dari area process, gas receiving station, separation, dewatering, compression of MP, LP separation gas, metering, gas & condencate export, utilities, power generation, air compressor, glycol regeneration, oily water treatment dan centralized contol & power distribution.

Menurut gue ada dualisme kepemimpinan kalo disini meski tugas & tanggungjawabnya beda, biasanya satu area fasilitas produksi ini dipimpin sama site manager dibawah TEP Indonesia. Berhubung gue untuk project jadi gak berhubungan sama mereka, kita punya boss besar namanya CSR (company site representative) diisi sama bule2 dari Prancis sebagai kepanjangan tangan mereka. Dan laporan project macam Geotechnical langsung ke TEP Prancis. Kalo wilayah kerja project berdekatan dgn area produksi TEPI baru kita berhubungan. Safety extra ketat, apalagi kalo pas tiga project berjalan barengan di satu area. Ada divisi drilling – construction – production, wah itu seru dan ribet kalo udah urusan safety. Makanya ada semacam SIMOPS (Simultaneous Operation of Production and Construction and/or Production and Drilling). Serunya kalo ada drill/latihan evakuali bareng kalo tiba2 ada gas blow out dari sumur bor atau kilang meledak. Hahaha…anjrit! Gue ‘ngalamin tuh, jadi komandan regu tim Geotechnical dulu. Salah kordinasi ada yang mampus bisa fatal, makanya radio komunikasi pegang masing2 dan yang berwenang aja yang bisa ‘ngomong disitu. Caelaa…


Edhoy says “tempat basah, propinsi terkaya, hasil bumi & energi melimpah ruah…tapi kenapa sering mati lampu & krisis air yak di ibukota-nya? Mana banjir lagi. xixixi…”


*Reference © 1993 SPE Asia Pacific, http://www.onepetro.org/mslib/servlet

Re-written & Photo by Edhoy.
© 2010 Cyberedhoy live in Borneo.

No comments:

Post a Comment