12 April 2010

Membangun Keluarga (bagian-2)

Cyberedhoy, J-Town
10.04.10
Sabtu ini (10/4) hari pertama KPP di Katedral, jam delapan pagi harusnya Gue udah sampe sana. Tapi berhubung kesiangan, bangun jam 6:45, akhirnya pas jam 7:20 Gue berangkat juga ke sana. Telat 10 menit untungnya masih pada absensi. Nah, jam 8:30 on time, akhirnya dibuka sama Romo Broto.

#1 Hukum Pernikahan

Sesi pertama jam 8:30-10:00 ini, Romo Broto menyoroti pentingnya membangun keluarga. Jadi bukan cuma asal nikah. Kita belajar mulai dari UU Perkawinan RI No.1/1974, sampe Kitab Hukum Kanonik No. 1055 versi Gereja Katolik yang berlaku universal. Keduanya sama mengenal tentang pernikahan monogami, antar seorang wanita dan seorang pria, kekal dan tercatat. Ingat! Hanya itu yang diakui negara dan Gereja. hehehe...


Mengenai sifat perkawinan bisa baca di Mrk 10:9, EF 5:22-23. Disitu membahas tentang perkawinan yang sungguh2 (verus), penuh (plenus), bebas (liber) dan kanonik (farma canonica). Bebas disitu bukan berarti seenaknya, tapi seorang pria/wanita bebas memilih dan menentukan pasangannya tanpa paksaan, dan perhikahannya dilakukan di depan seorang Pastor dan dua orang saksi. Jadi sangat dianjurkan kedua orang tua hadir saat pernikahan, tidak diwakilkan dan saksinya udah pengalaman menjalani bahtera rumah tangga secara Katolik dan mengenal kita masing2.

Oh, ya. Kalo udah ikutan KPP terus dapet sertifikat jangan seneng dulu, masih ada fit 'n proper test / penyelidikan Kanonik sama Pastor pendamping kita di Paroki tempat mau nikah untuk kepastian moral perkawinan pasutri. Hmmm...'gak gampang yah nikah itu, once in alifetime. Gak bisa cerai dan nikah kedua kali secara Katolik juga. Kecuali salah satunya meninggal, ingat, bukan dibunuh lho yah !! ^_^

#2 Keekonomian Keluarga

Sesi kedua hari pertama diisi sama pak Gayus (sorry, Gue lupa namanya. berhubung dia orang pajak, jadi sebut aja begitu. hehe...). Ternyata, membangun keluarga itu gak cuma mikirin yang enak2. Justru butuh pemahaman antara kebutuhan dan keinginan. Tentu aja kedua hal itu gak terkait dengan kaya/miskin/jabatan/pendidikan. Tapi terkait emosi, selera dan budaya/gaya hidup.

Disinilah pentingnya pasutri merencanakan keuangan buat keluarga, gimana berpikir kalo anak2nya sekolah nanti, biaya hidup yang semakin tinggi, siapa yang in charge mengelola keuangan keluarga, dll...pusing yah? hehe, di sesi ini cewe paling banyak disindir, abis sukanya shopping sih...tapi, namanya juga berkah nikah, pasti ada aja jalannya dan rejekinya. Tergantung pinter2 pasutri mengelola keuangan deh.

#3 Panggilan Menjadi Orang Tua

Sesi ketiga KPP hari ini dibawakan sama pasutri pak Jobie dan bu Sandra dari Komisi Keluarga KAJ  (Keuskupan Agung Jakarta). Mereka sharing pengalaman mendidik anak dan membangun keluarga didasari dari Alkitabiah. Tapi ada quote dari bukunya Dorothy Law yang menurut gue keren banget dan harus jadi perhatian pasutri, nih terjemahannya :

Jika anak dibesarkan dengan celaan, Ia belajar memaki
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, Ia belajar berkelahi
Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri
Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, Ia belajar menyesali diri
Jika anak dibesarkan dengan toleransi, Ia belajar menahan diri
Jika anak dibesarkan dengan dorongan, Ia belajar percaya diri
Jika anak dibesarkan dengan pujian, Ia belajar menghargai
Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baik perlakuan,Ia belajar berlaku adil
Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, Ia belajar menaruh kepercayaan
Jika anak dibesarkan dengan dukungan, Ia belajar menyenangi dirinya
Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, Ia belajar menentukan cinta dalam kehidupan

Copyright © 1972 by Dorothy Law Nolte PhD, Children Learn What They Live.


Hari pertama KPP ditutup dengan acara makan siang bersama yang telat, hehe...ini gara2 maunya pada cepet pulang. Jadi lunch break mundur karena langsung dibablas sesi ketiga kesepakatan 90% peserta. Gue dan LRG gak langsung pulang, malah sempetin nonton Crash of The Titans di Plaza Indonesia. Lanjutan ke resepsi Duma & Tagor temennya LRG & Acid yang udah nunggu di sana. Tau nih pada aneh, kondangan cuma salaman terus kabur. Katanya sih LRG & Acid males ketemu mantan masing2 di sana. hahaha....aneh ^_^


Written & Photo by Edhoy
© Copyright 2010 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved.


No comments:

Post a Comment