20 April 2010

Membangun Keluarga (bagian-4)

Cyberedhoy, J-Town
18.04.10

Hari ketiga Kursus Persiapan Pernikahan di Gereja Katedral, diisi sama review singkat dan tanya jawab apa aja yang udah kita dapet di materi2 sebelumnya (lihat tulisan bagian 1 - 3). Nah, di sesi terakhir ini ada pembagian setifikat yang jadi modal buat kita untuk ikutan Kanonik dengan Romo masing2. Kebetulan kita milih Romo Yordan di Paroki Paskalis.

Hari ketiga diisi dengan nonton bareng film "Fireproof", singkat ceritanya kayak gini nih :
Film ini berkisah tentang pasangan suami istri, Caleb dan Catherine, yang diambang perceraian. Sang suami merasa sang istri tidak menghargainya. Sang istri merasa tidak diperhatikan dan ingin dimengerti (biasalah wanita). Pada dasarnya keduanya sebenarnya sama-sama ingin dimengerti. Film ini menunjukkan  pada kita realita kehidupan manusia, khususnya dalam relasi antara pria dan wanita. Sebenarnya problem dalam relasi pria dan wanita sudah menjadi masalah klasik.

Dalam film ini dikisahkan Caleb sang suami berprofesi sebagai pemadam kebakaran. Sedangkan sang istri, Catherine bekerja dirumah sakit setempat. Pertengkaran dalam film ini diawali oleh adegan dimana Caleb menanyakan apakah Catherine memiliki waktu untuk berbelanja. Caleb mengajukan pertanyaan ini karena dia melihat cadangan makanan mereka di lemari makanan telah habis. Tanpa disangka, ternyata respon dari Catherine negatif. Bukannya mengiyakan, dia malah meminta Caleb yang berbelanja dengan alasan Caleb lebih banyak memiliki waktu luang. Dari teriakan-teriakan, kalimat-kalimat yang dilontarkan sebenarnya terlihat bahwa Catherine menginginkan perhatian dari suaminya. Pertengkaran berlanjut sampai pada satu titik, keduanya ingin mengajukan perceraian.

Berita tentang akan bercerainya mereka sampai ketelinga ayah Caleb, sehingga dia memutuskan untuk datang menjenguk anaknya dan memberikan nasehat-nasehat yang bertujuan mencegah perceraian anaknya. Hingga dia memberikan satu buku berisi instruksi-instruksi bagaimana memperlakukan wanita. Caleb harus melakukan instruksi-instruksi itu setiap hari, sampai hari ke 40. Hingga hari ke 42, Caleb belum juga berhasil merebut kembali hati istrinya. Hari ke 43, akhirnya mereka kembali berdamai dan perceraian terhindarkan.


Ada beberapa quote yang bagus di film itu :
“Wanita itu seperti mawar, jika tidak tau merawatnya maka dia akan layu”

“Berhentilah berkata negatif pada pasangan, jika godaan itu muncul, tahan jangan katakan apapun. Lebih baik tahan lidahmu daripada katakan hal yang akan kau sesali. Cepatlah mendengar, lambatlah berkata dan jangan cepat marah”

“Sulit kemukakan cinta saat kau tak termotivasi. Tetapi cinta tak hanya berdasar pada perasaan, melainkan niat untuk tunjukkan tindakan yang bermakna. Bahkan walau tampaknya takkan ada timbal balik”






Baiklah, di tulisan berikutnya (liat dibawah, red) Gue coba intip apa sih isi buku bokapnya si Celeb...yah, kali aja berguna buat pembaca yang diambang perceraian. Atau sekedar mengingatkan buat referensi di kemudian hari. Intinya "Never leave your partner behind".






Re-written by Edhoy
© 2010 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved.

No comments:

Post a Comment