15 May 2010

Pengadilan Tilang

Cyberedhoy, Pulomas 14.05.10

Jum’at pagi Gue udah bike to Pulomas, mau nebus SIM Bokap yang kena tilang minggu lalu di by pass. Maklum, beliau gak tau kalo motor gak boleh lewat jalur cepat di by pass. So, dari pada damai di TKP, akhirnya bokap minta tilang aja. Sialnya, dua hari lalu dia keluar kota. Jadi terpaksa Gue yang nebus dan disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Pulomas.

Pagi itu gue sih nekat jalan padahal gak tau dimana PN Jaktim itu, sempet mau cari peta eh kebawa di mobil yang dipake adik gue. So, Cuma liat di google bentar, terus jalan sambil celingukan di sekitar by pass. Buat mempersingkat waktu tempuh, gue potong jalur via Pinang Ranti-Halim-UKI-By Pass. Sejam perjalanan dari Cipayung, akhirnya jam sembilan pagi gue ‘nyasar’ ke jalan Pemuda, terus berenti di depan ASMI sambil update foursquare.
Ternyata, PN Jaktim ada di pojok sebelah kiri sebelum gerbang masuk tol Cempaka Putih menuju Cawang. Baru sampe parkiran luar, gue langsung disambut calo-calo dan dipalak tukang parkir langsung bayar dua ribu perak. Makelar kasus bergentayangan di PN Jaktim nawarin kemudahan nebus SIM/STNK yang ditilang jadigak perlu antri. Mereka nawari jasa dari mulai lima ribu perak gak sampe antri berjam-jam yang diprediksi mereka gue bakalan kelar jam tiga sore.

Bah! Gue gak terpengaruh, langsung aja menuju loket dan kaget! Baru jam sembilan pagi ternyata dapet nomer antrian 969. hahaha…selain copet, koruptor dan maling ayam, ternyata statistic pelanggar lalu lintas gak kalah menarik buat diamati. Setiap hari, bisa ribuan orang datang sidang tilang di satu Pengadilan Negeri saja. Ini baru Jakarta Timur, blom bagian Jakarta, propinsi dan pulau2 lain.

Cuma dari pengamatan gue nih, orang2 yang sadar hukum macam yang mau hadir di PN ini mestinya dihormati juga dong karena taat prosedur gak mau penyelesaian di jalan/TKP. Mosok makelar kasus bebas berkeliaran, berteman dengan oknum di dalam, dan bisa memperlancar penebusan SIM/STNK yang ditilang. Terus, apa artinya sama damai di tempat yah? Glek…


Setelah nunggu 2 jam, ‘ngabisin satu teh botol dan obrol dengan tiga orang berbeda di tiga penjuru PN itu, nomer gue akhirnya dipanggil dan gue masuk ke dalam. Di situ ada hakim lengkap dengan toga dan palunya, Cuma tanda tangan di kertas tilang kita, terus kita bayar denda di meja sebelahnya, mereka terima duit langsung dimasukkin ke kotak, mana kembalian kurang alasan gak ada uang receh. Gubrak!! Gue yakin orang2 yang kena tilang gak tau alasan kenapa mereka harus bayar sekian-sekian. Tanpa penjelasan di ruang itu. Abis dapet SIM/STNK-nya, para pelanggar lalu lintas senyam senyum ninggalin ruang sidang yang mirip kantor TU di sekolah SD itu. Whew, loser…apa gunanya hakim, toga dan palu di situ yah?

Baiklah, akhirnya jam sebelas lebih dikit gue meninggalkan area yang sangat sumpek dengan asap rokok dimana2, calo dimana2, dan miris mengalami langsung kejadian itu. Pastinya, orang yang mengalami kejadian tilang berikutnya lebih milih damai di tempat daripada ribet begitu. Sama2 murah, tapi lebih cepat.
Anyway, di perjalanan gue berpikir juga kenapa bikin SIM atau denda tilang di negara kita murah dan gampang banget yah? Di Jepang aja bikin SIM bisa abis 30 juta rupiah, prosedurnya sama aja kayak di sini, ada uji kelayakan, ujian teori, periksa mata dan ujian praktek. Tapi disana itu bener2 dilakuin, kalo gak lulus ya gak dapet SIM. Sampe ada yang ulang 7x baru lulus dapet SIM. Artinya bayar 7x3000 yuan. Disini mungkin via calo aja yang gak bisa ‘nyetir banget bisa dapet SIM kalee….
Di sana kalo ditilang pake sistem poin, kalo udah melewati kriteria tertentu itu SIM langsung dicabut. Paling fatal kalo menyebabkan kecelakaan atau mabuk. Denda ‘nyetir tanpa SIM bisa 100x lipat biaya bikin SIM, kalo sampe kecelakaan berakibat kematian bisa dituntut denda 100-200 juta yuan (kompasiana.com).


Written & photos by Edhoy
© 2010 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment