12 September 2010

Lembah Karmel

Bogor, Cyberedhoy
12.09.10

Hari ketiga libur Lebaran, kita sempetin Misa pagi jam 9:30 di Lembah Karmel, Cikanyere Puncak. Ini untuk keenam kalinya Gue ke sini dengan formasi tim berbeda-beda. Dua kali sama Mudika Secilia, dua kali sama pacar yang berbeda terus gak lama putus, sekali sama Jombloers Oil '95 yang niat mencari jodoh dan sekarang balik lagi sama Isteri, nyokap dan adik gue. hehe...

Dikalangan komunitas Katolik nama Lembah Karmel amat sangat terkenal, bukan hanya karena sosok kharismatik Romo Yohanes Indrakusuma, O.Carm, atau biasa dipanggil Romo Yohanes saja yang mengembangkan lembah Karmel, melainkan juga karena tempatnya begitu istimewa, dimana kuasa Allah yang menaungi tempat itu juga luar biasa, suatu tempat yang tidak akan anda dapati di daerah lain.

Lembah Karmel terletak di desa Cikanyere, Cipanas, Puncak. Meskipun di tempat itu terdapat gua Maria lengkap dengan perhentian-perhentian jalan salib tetapi biasanya orang yang datang kesitu tidak melakukan ziarah jalan salib seperti yang biasa dilakukan di lokasi gua Maria lain. Tempat itu lebih dikenal sebagai tempat retret untuk penyembuhan batin, untuk keluarga dan remaja. Yang membuat tempat ini amat sangat terkenal adalah adanya misa khusus untuk penyembuhan baik untuk fisik akibat sakit penyakit ataupun untuk batin dan rohani.
Lebih lengkapnya bisa baca di sini.

Eniwei, kita berangkat dari Jakarta jam 6 pagi, sialnya jam 8 baru sampe Bogor, butuh waktu 4,5 jam sampe Lembah Karmel. Nah, pas mampir pom bensin di Cisarua, tiba2 mobil Lek Di, om-nya Lydia lewat dan kita malah ketemu di Karmel. hehe...biar telat ikutan Misa, tapi tetep semangat & khusuk ikutin dati balkon paling atas luar yang dingin. bbrrrrrr....


Tengah hari bolong baru Misa-nya kelar, banyak yang nunggu saat2 terakhir karena ikut penyembuhan. Baik fisik maupun rohani. Pas turun dari gereja yang luas banget itu, kita sempetin mampir ke Goa Maria, berdoa dan minum air suci yang seger banget, aseli dari mata air situ yang jernih dan langsung bisa diminum dari kran. Malah ada yang niat nampung di galon Aqua. ckckckck...


Nah, pulang dari Puncak ini yang seru nih...berhubung Puncak macet panjang mberot, kita butuh waktu 2 jam keluar dari Lembah Karmel ke jalan raya puncak. Itu pun gak lewat kanan, tapi langsung babalas kiri tembus Cipanas udah deket ke Cianjur. Berhubung masih jam 4 sore, kita bablas aja lewat Jonggol. Enggak macet, tapi jalan belak-belok, ada longsor dan kejebak hujan deras di Mekar Sari.
Tetep, butuh waktu empat jam sampe rumah. hahaha...kalo lewat Puncak jarak Rumah Cipayung ke Lembah Karmel 85 KM, pulang lewat Jonggol jadi 150an KM. hahaha...modaaar!!!


Written & photos by Edhoy
© 2010 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment