11 September 2010

One Stop Bogor

Bogor, Cyberedhoy
09.09.10

Pagi ini dadakan gue sekeluarga minus Bokap, jalan-jalan ke Bogor. Niatnya sih Sabtu libur lebaran kedua ini mau makan Tauge Goreng buat kesuburan. haha...eniwei, rute ke Bogor pertama ke SKI Tas di Katulampa, terus makan siang di ruko sekitar Venuz yang terkenal jual roti Unyil, baru abis itu makan Tauge Goreng di Jalan Siliwangi. Gak lupa shopping di distro2 dan beli makroni panggang lah yaw... 

SKI Tas Tajur Katulampa

Tempat ini semula dikenal sebagai tempat tas tajur; tetapi dengan dilengkapi restaurant, taman bermain anak2, toko kue & roti, taman yang bagus – jadi dikenal sebagai Wisata Tas Tajur Katulampa atau juga dikenal SKI (Sumber Karya Indah) Katulampa.


Begitu sampe sini, gue parkir di bawah deket permainan bola-bola air. Rame banget orang belanja, maklum pas hari kedua lebaran nih. Abis muter-muter cari sendal gunung, akhirnya gue nyerah. Malah nongkrong di luar icipin aneka kuliner di depan. Gue pesen tahu gedrot, sementara Lydia pesen batagor. Minumnya dawet. wuiiih mantep deh, meski rasanya gak gitu enak. haha...



Lanjut abis 'ngemil kita masuk acak2 koleksi tas di sana...lucunya hampir dua jam keliling, pas keluar gak beli apa2...busyeet! ya iyalah, maklum selera nyonya kan Plaza Indonesia cing...ga main tas2 gak jelas begitu. haha...Showroom tas, sepatu maupun baju besar sekali dengan pilihan yang beragam. Kualitas? Mesti super teliti. Dengan model yang sama, kualitas bisa beda. Khusus untuk sepatu, tersedia dalam showroom tersedia dari merek2 yang juga banyak di Jakarta. Harga mulai dari yang Rp 50K sampai yang Rp 1000K juga ada. So, akhirnya kita keluar dari lokasi SKI pas jam makan siang.


Roti Unyil Venuz

Lanjut kita ke arah Tajur, di samping Eka Loka Sari Mall ada Roti Unyil Venus. Antriannya.. ampun dah.. bener-bener ga ada aturannya. Semua orang ngumpul di depan etalase/pajangannya/tempat majang rotinya, dan semua bertereak2 berusaha menarik perhatian mbak2nya agar bisa dilayani duluan. Ga ada antrian, siapa dapat dia deh yang duluan.



Sebenarnya dari segi rasa, Gue masih bingung apa yang buat roti unyil ini segitu dikejar dan diburu-buru. Dari segi rasa, rasanya sama aja kayak roti yg gede, mungkin istimewanya karena dibikin kecil2 jadi bisa dibentuk jadi macem-macem roti. Isi sosis, jagung, daging asap, coklat, suka-suka.

Ngohiang

Di belakang toko Venus ada chinese food, yang terkenal menu Ngohiang-nya. Rata2 pengunjung cina, tapi ada juga yang pengunjung muslim banyak ibu2 pake jilbab. Wah, padahal di sini banyak menu pake B2 lho...gak takut haram yah ;)

Tujuannya adalah makan makanan khas Bogor yang namanya Ngo Hiang. Yang dengar dari Saudara yang enak ada di Gg Aut Jl. Surya Kencana. Ngo Hiang ini isinya atau satu porsinya berisi daging giling, tahu dan kentang, diberikan bumbu kental yang rasanya agak manis, asam dan gurih terbuat dari sagu dan sedikit acar serta sambal.


Pertama kali liatnya agak aneh soalnya bumbu kentalnya penampilannya seperti bumbu sate padang tapi ini beda rasanya dan lebih cair. Pada saat dimakan rasa daging giling dan bumbu asam manisnyanya jadi satu. Kentangnya, bulat dan dipotong-potong jadi beberapa bagian. sepertinya digoreng karena permukaannya agak kasar. Dan tahunya putih tidak lembek.


Pilihan daging terdiri atas daging babi dan ayam. Untuk menu Ngo Hiangnya sendiri dibedakan yaitu campur, polos dan spesial. Kalau campur maka 1 daging giling Ngo Hiang + tahu + kentang. Polos 2 daging giling Ngo Hiang saja dan spesial 2 daging giling Ngo Hiang + tahu + kentang.

Eniwei, pesenan kita lama banget. Nyokap gue mencak2 karena pesen Tauge Goreng gak dianter padahal tamu yg belakangan datang dapet duluan. Daripada terjadi huru hara yang tidak diinginkan, akhirnya gue bayar aja semua makanan yg kita pesen kecuali tauge goreng. Terus kabur!! kesel banget!

Tauge Goreng

Akhirnya kita mangkal di jalan Pajajaran. Di sini terkenal sebagai kumpulan kuliner Bogor, mulai dari roti unyil yang seli pertama di sini, asinan Bogor, tauge Goreng bogor yang legendaris, dll...Biar gak penasaran, gue pesen tauge goreng lagi di sini. Tau kan apa itu Tauge Goreng??


Rasa makanan yang terbuat dari bahan kedelai ini agak aneh bagi sebagian orang. Perpaduan oncom dan tauco plus kecap menyuguhkan rasa yang kental, sedikit masam, dan khas. Oncom merah adalah kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang. Oncom dianggap matang setelah menghasilkan spora. Sementara tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian didibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi).

Setelah bumbu tauco disiramkan diatas tauge goreng juga ditaburi daun kucai, yang banyak digunakan untuk masakan oriental. Apa sih manfaat makan tauge goreng? santai, kata orang sih, dengan memakan tauge maka hormon akan semakin banyak buat bikin anak. hihihi...

Makaroni Panggang

Makaroni panggang (MP) terletak di Jl Salak 24, Bogor. Lokasi terletak di kiri jalan dari jalan utama Jl Padjajaran. Café MP selalu ramai pengunjung pada hari hari weekend. Selain disantap di café, macaroni juga dapat dibawa pulang. Tidak perlu menunggu lama karena rata-rata macaroni sudah matang dan dipajang di etalase. Untuk macaroni panggang sendiri ada 2 macam rasa yaitu biasa dan special. Ukuran yang tersedia medium dan large. Harga untuk medium biasa (sebesar kotak tissue) Rp 43.000,00 dan medium special Rp 76.000,00.


Sampe sana, nyokap memisahkan diri...ngaciiir ke tempat makaroni panggang itu di bawah rintik hujan. Gue, Lydia dan Heru merapat ke distro dekat situ. Belanja membabi-buta karena murah dan bagus2 barangnya. haha...

Gimana rasanya makaroni itu? Untuk yang medium biasa rasanya plain (tidak terasa bumbu merica ato garam), macaroni panjang hanya dicampur dengan susu dan telor saja, yang terasa agak menonjol hanya taburan keju di atasnya (agak banyak). Dan ada aroma panggang/ dibakar – bukan aroma karena dipanaskan di oven. Sebenarnya agak kecewa sih, karena rasanya seperti rasa masakan barat – mahteg baget. kalo anget lebih mak nyyyooosss…..

 
Distro to Distro

Kalo ini kita mampir dari distro ke distro, mulai dari jalan Salak. Tempat kuliner jualan Makroni panggang yang lagi happening banget di Bogor, sampe distro deket situ yang free parking terus ke Donatello beli sendal gunung persiapan buat liburan ke Gunung Ijen nanti. hehe...

Starbuck Jagorawi

Capeeeekkk....makanya kita ngaso dulu pas mendekati malam, ngupi2 di Starbuck rest area gak jauh dari Bogor arah ke Jakarta.



Written & photos by Edhoy
© 2010 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment