23 December 2010

Seputar Bojonegara (Road to Office)

Cyberedhoy, Bojonegara
23.12.10

Enam bulan pas gue melewati jalan yang sama kalo menuju kantor di PTG Yard, sebuah Desa di kawasan Grenyang, Bojonegara. Selama enam bulan ini banyak banget hal berubah, mulai dari jalan sampe suasananya. Kali ini gue nulis empat bagian dimulai dari ujung lepas jalan tol CIlegon Timur ke arah Bojonegara sampai akhirnya di PTG Yard.

#1  Cilegon Timur - SPBU
Masuk arah Bojonegara bakalan ada rambu menunjukkan ada perumahan Taman Galaxy, hal ini tentunya menepis kalo di daerah tempat gue merantau ini masih primitif. Buktinya udah ada perumahan elit dan lapangan futsal lho. Sepanjang jalan di sebelah kiri bakalan terlihat hijaunya sawah dan pegunungan, sementara di sebelah kiri sesekali terlihat laut. Tanda-tanda kehidupan marak terlihat karena udah banyak walaraba macam Alfamart, Alfa Midi, Indomaret hingga SPBU.


#2 Gunung Batu
Selepas melewati SPBU dan pasar ikan, pemandangan pegunungan masih terasa di sebelah kiri jalan. Tapi mulai agak terganggu kalo dilihat ternyata beberapa gunung setelah Gunung Santri ternyata sudah gundul. Batu-batunya di eksploitasi untuk diambil dan dijual. Kendaraan berat macam excavator, truck dan traktor mudah terlihat dengan kasat mata. Menurut penduduk setempat sih waktu tahun 80an itu gunung masih ada sampe pinggir jalan lho. Wuih, 10 tahun lagi ilang kali yah  ;)


#3 Jalan Alternatif Golden Key
Selepas gunung batu tadi, kita masuk ke daerah perkampungan Ragas. Tapi berhubung kita naik bus, dan dulu pernah di demo warga untuk gak lewat jalan kampung lagi, maka pemda setempat bersama beberapa perusahaan yang berkepentingan buat jalur alternatif. Lagi-lagi gunung batu di sebelah kanan yang ada jalur pipeline pipa gas PGN dari Jambi - Jawa jadi korban, dibabat untuk dibikinin jalan khusus kendaraan2 berat proyek. Makanya kita di belokkin ke jalur alternatif lewat pabrik gula Golden Key yang konon dulu punya Eddy Tanzil koruptor kredit macet yang kabur. 


Nah, serunya kalo lewat Golden Key ini bakalan nemu bekas gedung-gedung gak terpakai, speedboat yang terdampar di tengah semak-semak (mungkin dulu kalo aer pasang sampe situ, hehe), keliatan tower operator selular (lagi2 pertanda kalo daerah ini udah melek teknologi), sampe pabrik gula yang gak jelas peruntukkannya meski segede Gaban itu.

#4 Bonded Zone
Di Desa Margasari mulai dari Golden Key, PLN sampe PTG itu langsung berada di pinggir laut, mereka punya kawasan berikat/bonded zone sendiri. Kawasan bonded zone ialah suatu kawasan dengan batas-batas tertentu di wilayah pabean Indonesia yang di dalamnya diberlakukan ketentuan khusus di bidang pabean, yaitu terhadap barang yang dimasukkan dari luar daerah pabean atau dari dalam daerah pabean Indonesia lainnya tanpa terlebih dahulu dikenakan pungutan bea, cukai dan/atau pungutan negara lainnya sampai barang tersebut dikeluarkan untuk tuiuan impor, ekspor, atau reekspor (PP No. 22 Tahun 1986, LN. 1986-30, Bab 1, Ayat 1).

Written & photos by Edhoy
© 2010 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment