30 March 2011

Young Family Financial Planning - part.1

Cyberedhoy, Cilegon
30.03.11

Apalagi tuh maksut judulnya cooy? Serius amat!....eniwei, beberapa bulan ini rasanya kok emosional gue diuji dengan pikiran2 bini yang visioner, sementara gue revolusioner. eh, apa pula tuh? Visioner itu orang yang  bertindak segera untuk mempersiapkan hari esok. Dia akan memperhatikan apa-apa yang dia lakukan untuk hari esok. Sementara revolusioner adalah sebuah cara berpikir, cara bersikap, cara bertindak yang selalu mengacu kepada pembalikan/perubahan nilai lama yang dianggap tidak layak menuju nilai baru yang dianggap lebih layak.

Kombinasi yang cerdas kan? hehe...back to the title...we talk about 'young family financial planning'. Omongin revolusi keuangan keluarga, secara terminologi revolusi adalah perubahan secara radikal dalam waktu yang relatif singkat dalam hal merubah nilai-nilai lama yang dianggap tidak layak menjadi nilai baru yang dianggap baik dan sesuai/layak diterapkan. Nah lho, susah kan?

Kali ini gw coba untuk nulis sesuatu yang agak serius mengenai financial planning karena gw baru berkeluarga jalan tujuh bulan, dan ternyata hidup berkeluarga itu enggak cuma ribet menggabungkan dua hati, dua kepribadian, dua budaya, dua income, dsb. Tapi juga menggabungkan dua masalah dan menimbulkan masalah baru, hehehe...saking keselnya gara-gara berantem di telpon - long distance lagih, gue sampe nulis status di facebook begini :



Lanjuuutt..
Dasar pemikiran kita bisa di definisikan macam begini :

1. Uang pensiun: secara selama ini kita pikir udah udah cukup dengan Jamsostek atau Pensiun dari kantor, tapi sayangnya gue 'nyadar kalo karyawan kontrak based on project brapa sih duitnya pas pensiun sama skali ga kebayang.

2. Uang pendidikan anak: ini dia nih yang bikin shock banget pas baca perkiraan biaya pendidikan di masa depan. Fiuuuh, mahal gila..!! Bikin anak sih emang enak, tapi langsung pahit pas ngeliat biaya sekolahnya.

3. Asuransi jiwa: lucu juga nih karena gw dah punya asuransi unitlink dari 6 tahun lalu tapi gw baru merhatiin jumlah UP nya beberapa bulan lalu. Iyalah, dulu beli asuransi unitlink Cuma ngasal, taunya yang penting udah punya asuransi. Skarang? Mo makan apa istri anak gw kalo gw kenapa2 tapi UP asuransi gw Cuma seuprit..!!

4. Anggaran keluarga: ternyata yang namanya Balance Sheet ama Cash Flow ngga Cuma dibutuhin di perusahaan doang, tiap orang juga harusnya punya, apalagi keluarga. Penting banget nih kalo masih mau pension dengan tenang dan sang anak bisa dapet pendidikan yang layak.

5. Investasi: secara ini alat paling penting buat ngatur duit di masa depan, so mesti tau instrumen2 yang cocok. Ngandelin nabung ato deposito? beeh...kecuali punya bisnis mapan sih enak aja, masih muda pun udah tajir. yoi gak?

Terus macam apa yang bakalan kita lakukan? tentunya masih rahasia nih, satuin pemikiran, visi dan kemampuan dulu lah. Bikin konsep mau dibawa kemana nih keluarga. Secara tahun pertama nikah gue lakuin semacam test mental dulu buat bini, long distance. Kita gawe di beda propinsi, ketemu pun paling banyak empat hari dalam sebulan pas weekend.

Jujur gue sedih juga, test ini nyaris gagal mulu di tengah jalan. Tergantung mood bini gue sih. wuuuih, kalo sensi-nya lagi kumat, semua dilumat. Gak bisa jernih lagi nalar dan logika. Semua dibawa perasaan yang gak ada abisnya. Gue sih enjoy aja, ibaratnya kalo gue juga punya mood yang sama, alias gampang 'nyerah. Mau dibawa kemana hubungan kita...hahaha...lagu andalan Armada ;)

udah dulu yah, tunggu sambungan-nya cooy!!!


Written & Photos by Edhoy
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved 

No comments:

Post a Comment