19 April 2011

Maling Masuk Rumah

Cyberedhoy, Cipayung
19.04.11

Rabu siang seperti biasa gue lagi site visit ke Bongkot Project, sekitar jam 15:30an HP bunyi tapi gak gue lihat. Pas udah tiga kali getar-getir akhirnya gue nyerah. Ternyata adik gue miskol doang. Gak lama Babeh nelpon juga, terpaksa gue angkat ditengah keramaian dan hiruk pikuk-nya Lower Deck. Babeh cuma omong dikit, "kenapa ditelpon gak diangkat-angkat? rumah kamu kemasukkan maling tuh?!!"  WHAT?!!! Gue berusaha tenang, mundur dan ambil jarak aman untuk telpon, akhirnya gue telpon ke Jakarta sekitar 30 menitan setelah kejadian.

Berikut cerita kronologi yang di email adik gue :

14.30 WIB
Tetangga seberang (sekitar 15m dari depan pager rumah) mau keluar rumah, pas ngeluarin mobil dia ngeliat ada 2 orang lagi di samping pos satpam sebelah tanah kosong, 1 diatas motor, 1 lagi kencing.. Trus diusir sama dia...

±14.50 WIB
Menantunya sebelah kanan rumah gue, 'ngeliat ada 2 orang lagi duduk² di depan tanah kosong samping kiri rumah gue, motornya mio diparkir di depan rumah gue. Tapi ga curiga sama sekali.

± 15.00 WIB
Satpam patroli naek sepeda lewat depan rumah 'ngeliat ada orang di dalem rumah. Balik ke rumah  kasih tau nyokap gue (sekitar 60m dari rumah gue), trus berdua ke rumah gue ternyata udah ga ada orang, pintu utama dalam posisi kebuka..


15.10 WIB
Adik gue berangkat kuliah dipanggil nyokap, rumah udah rame sama pak RT, Satpam, tetangga kanan kiri depan belakang, dll.


15.10 - 15.35 WIB
Adik gue ☑ semua pintu, jendela, kunci, dari depan sampe belakang. Hasilnya: ga ada yang rusak. ☑ semua perabot dari elektronik, peralatan rumah tangga dari kamar utama sampe kamar pembantu di void belakang. Hasilnya: ga ada yang hilang




Lesson Learned...

Memiliki rumah di Kawasan elite yang di jaga oleh tenaga-tenaga satpam yang profesional selama 1x24 jam dengan pagar berduri yang menjulang tinggi sekarang bukan jaminan. Bahkan di siang hari tidak ada jaminan bebas dari aksi perampokan,karena para Penjahat tak kehilangan akal untuk menciptakan modus perampokan yang baru.


Pelaku biasanya berjumlah 2 orang yang akan menggunakan 1001 cara untuk bisa masuk ke rumah yang di incar tentunya dengan sandiwara yang tidak kita duga. Ya... Minimal pintu gerbangnya dibuka, atau gemboknya tidak terkunci, itu juga sudah cukup buat celah mereka untuk masuk ke dalam dan merampok Anda

Kalau dulu mereka datang berboncengan motor dan mengaku orang suruhan yang punya rumah atau mau bertamu dan sudah janjian, cukup banyak berhasil. Sekarang para pelaku keluar modal sdkt juga buat rental mobil. Iya, agar korban tdk curiga mereka bahkan menyewa mobil mewah untuk melancarkan aksinya. Mobil mewah, baju kemeja, wow pasti banyak korban yang tertipu dan mempersilahkan mereka masuk ke rumah korban.

Dalam beberapa kasus, pembantu rumah tangga korban sudah membaca gelagat tidak baik dari 2 orang yang mengaku sebagai tamu majikannya. Tapi karena kunci gembok pintu gerbang sudah terbuka, maka Perampok tersebut berpura-pura seolah-olah akan menulis pesan buat majikannya. Ketika pembantu tersebut masuk untuk mengambil kertas dan alat tulis, dengan secepat kilat kedua perampok tersebut masuk ke pekarangan rumah dan menyusul ke dalam rumah kemudian menyandera pembantu tersebut dan penghuni yang lainnya.

Jika seluruh penghuni sudah disekap, maka mereka tinggal mengambil semua harta berharga di rumah tersebut dengan leluasa dan para tetangga tidak akan menyangka Anda dirampok. Yang mereka tahu ada orang yang sedang bertamu ke rumah Anda.

Tips menghindarinya:

1. Para pekerja baik itu satpam ataupun pembantu di rumah Anda harus sering diberitahu tentang berbagai modus kejahatan yang ada agar mereka semakin waspada. Percuma saja kita pintar, kita tahu banyak hal tentang berita kriminal tapi jika kita tidak memberitahukan kepada mereka.

2. Jangan pernah membuka gembok pintu gerbang, walaupun Jika ada orang yang mengaku tamu dan sudah janjian dengan pemilik rumah. Walaupun terlihat tidak sopan berbicara tanpa membuka pintu gerbang, tapi itu adalah cara teraman.

Tulisan yang berkaitan : ModusKejahatan

MODUS PURA-PURA KESASAR / BERTANYA ALAMAT
STREET CRIME
PENCURIAN; PASAL 362 KUHP,PASAL 363 KUHP & PASAL 365 KUHP
PENCURIAN
Modus Kejahatan Pencurian ternak (Curat)

MODUS KEJAHATAN STREET CRIME GEMBOS BAN

MODUS KEJAHATAN COPET DALAM ANGKOT
MODUS PENCURIAN PERAMPOKAN DENGAN CARA PURA PURA BERTAMU ( II )
MODUS PERAMPOKAN DENGAN CARA PURA-PURA BERTAMU
MODUS KEJAHATAN TERHADAP PENUMPANG TAKSI
MODUS STREET CRIME LEMPAR TELUR
MODUS CONGKEL SPION & KAPAK MERAH
MODUS PERAMPOKAN DENGAN CARA MENABRAKKAN KENDARAAN
MODUS PENIPUAN ATM TERTELAN



Written by Edhoy & Heroe. Photos by Edhoy & Internet
Reference : mbah Goggle
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment