14 June 2011

Kolesterol Dalam Makanan

Cyberedhoy
12.06.11

Minggu ini ceritanya temen-temen di kantor lagi pada heboh gara-gara banyak yang gak lolos Medical Check Up untuk ke offshore karena kelebihan kolestrol. Sampai dirilislah daftar makanan yang mengandung kolesterol. Sebelum membahas itu, mending kita cari tau dulu nih, apa sih kolesterol?

Kolesterol merupakan bagian dari lemak (lipid) yang sebagian besar diproduksi dalam tubuh tepatnya di hati (sekitar 70%) dan sisanya berasal dari makanan atau diet.  Sebenarnya kolesterol merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadarnya berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan berbagai penyakit, seperti: hipertensi,  jantung koroner dan stroke.

Makanan Berkolesterol
Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolesterol total seseorang berada di bawah 200 mg/dL, dengan kadar LDL (kolesterol jahat) di bawah angka 130, dan HDL (kolesterol baik) berada di atas angka 40. HDL sering disebut ‘kolestrol baik’ sangat bagus bagi tubuh kita karena dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Ukuran Satuan Nilai Rujukan
Kolesterol total mg/dL 150 – 200
HDLLDL mg/dLmg/dL 45 – 65 (P)
35 – 55 (L)< 100 (Direk)
Trigliserid mg/dL 120 – 190

Tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL (Low Density Lipoprotein) saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL (High Density Lipoprotein) merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 150-200 mg. 

Tabel Kandungan Kolesterol dari per 10 gr bahan makanan :

Sumber: Singapore General Hospital

Kadar kolesterol menurut National Cholesterol Education Program adalah:
•    Total kolesterol kurang dari 200 mg/dL
•    Kadar kolesterol HDL lebih dari 40 mg/dL
•    Kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL
•    Kadar trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Makanan Sehat

 
Nah, ternyata banyak anak buah gue yang badannya kecil-kecil ternyata kolesterolnya tinggi banget. Itu akibat doyan makan telur burung puyuh. Haha...so, biar lulus MCU, rata-rata pada di kasih obat penurun kolesterol dalam waktu sebulan. Sehabis itu di check lagi baru pada lolos ke offshore.


Written by Edhoy, Photos by Edhoy.
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment