09 September 2011

Kembali ke Darat

Cyberedhoy, Songhkla - Thailand
09.09.11

Akhirnya, tanggal 9 September 2011 berhasil juga kita sampai di daratan setelah 42 hari terkurung di tengah lautan. Jarak 160 km dari darat dan waktu tempuh tercepat 10 jam. Jam 1 siang kita berangkat dari GBS Field, tepatnya di Bongkot Offshore, Gulf of Thailand dan baru merapat di pelabuhan Songhkla jam 10:30 malam.

Malam itu udah gak sabaran pingin injek daratan. Setelah sabar nunggu kira-kira 10 menit, baru kita disuruh naik ke darat 'nyeberangin kapal di sebelahnya. Btw, kita naik crew boat SMS Valiant berkapasitas 100 orang, tapi hari itu cuma diisi gak lebih dari 20 orang karena yang off juga sedikit. Nah, begitu sampe darat kita malah disuruh balik lagi ke kapal. Melanggar imigrasi katanya, soalnya passport masih dipegang sama pihak imigrasi di situ dan belum diserahkan ke kita. haha...tapi ya udah terlanjur sih, jadi cuek aja nunggu di pinggir dermaga itu.

Setelah urusan pembagian passport kelar, akhirnya kita boleh naik ke mobil jemputan dan langsung menuju hotel di kota Songhkla itu. Eniwei, ternyata di Songhkla ini ada juga konsulat Republik Indonesia, bisa buka di http://www.indo-songkhla.org kita sih 'ngelewatin aja enggak mampir. Ternyata hotel sekarang beda sama yang gue tempatin waktu berangkat akhir Juli lalu, sekarang tepat di pinggir jalan, namanya Hotel Sook Som Boon 2. Lebih dekat kemana-mana. Malam pertama tentunya pada isi pulsa dan beli cemilan di Seven Eleven yang emang banyak banget di Thailand.

Keluyuran dan foto-foto bareng Dokter Sas dan pak Purba, jeprat-jepret tempat-tempat bersejarah di Songhkla mulai dari gerbang Museum sampe gerbang Kuil. Haha, serunya lagi pas lewat tempat gelap ada anjing banyak banget pada 'ngeraung-raung yang bikin ciut 'nyali dokter Sas. SOalnya dia paling kurus dan jadi inceran monster-monster itu. Tapi berkat ketenangan kita, akhirnya masa-masa suram itu terlewati. Dan kita kembali ke hotel dengan selamat.

Malam pertama di daratan, gue habis kocek sekitar 200 bath untuk pulsa, kira-kira kalo di rupiahin sekitar 60 ribu perak lah. Lumayan buat sms kasih kabar ke Jakarta. Pulsa sms sekitar 5 bath ke Indonesia, kalo telpon sekitar 7 bath per menitnya. Gue pake kartu lokal, yang paling banyak dipake itu TRUE, bisa dapetin gratis sim card-nya sewaktu di bandara kok.

Written by Edhoy, Photos by Edhoy.