12 September 2011

Kuil Pualam Wat Benchamabophit

Cyberedhoy, Bangkok
12.09.11

Dikenal sebagai Kuil Pualam, kuil ini bernar-benar menunjukkan segi arsitektur yang mempesona.  Berlokasi di dekat Dusit Palace (Istana Dusit), kuil ini merupakan kuil paling moderen dan mencolok. Kuil ini mulai dibangun pada tahun 1899 atas permintaan raja Chululongkorn (Ring Rama V) kepada saudara tirinya Pangeran Narris untuk mendesain sebuah kuil. Sehingga, kemudian arti Wat Benchamabophit adalah kuil raja kelima. Gambar Wat Benchamabophit bisa ditemukan di sisi koin 5-baht.

Beratapkan kayu terbaik yang ada di Thailand, Wat Benchamabophit tampak mengagumkan dilihat dari jarak dekat maupun jarak jauh. Tempat utama yang ada di kuil berbentuk T ini adalah aula Ubosot, dimana lantainya dibuat dari batu pualam Italia. Di dalam biara di aula Ubosot, pengunjung dapat menemukan 52 macam patung Budha, 33 patung asli sedangkan sisanya hanya replika. Patung Budha ini ada yang didatangkan dari seluruh pelosok negeri Thailand, ada pula yang didatangkan dari luar Negeri. Setiap patungnya memiliki gaya dan pose yang berbeda, ada yang memiliki gestur tubuh mengajar, berjalan, hingga menundukkan kepala. DI belakang biara tak jauh dari situ, terdapat sebuah pohon Bodhi yang sangat besar. Pohon tersebut merupakan hadiah Bod Gaya kepada raja Rama V dan digunakan sebagai tempat pencerahan.
Tidak hanya itu, terdapat pula Sala Nam (paviliun air) dan jembatan berbagai macam di area antara pendeta dan orang biasa. Di sekitar situ, terdapat kanal  yang melintang diatas jembatan berwarna kemerahan.Terdapat pula aula Phanuat (tempat tinggal para kepala Kuil), aula Song Dharm dimana tempat tinggal ini dulu digunakan oleh para keluarga Raja dan petinggi-petinggi kerajaan),serta menara lonceng Bovornvong. Pengunjung juga tidak boleh meliwatkan momen untuk mengunjungi alun-alun Para Pendeta.











Rewritten from http://thailand.panduanwisata.com/2011/09/19/wat-benchamabophit/, Photos by Edhoy.
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

1 comment:

  1. Muammar, cilegon19/10/11 8:02 PM

    wah keren banget nih, ajak-ajak donk...

    ReplyDelete