12 September 2011

Wisata Candi...Wat to Wat...What?


Cyberedhoy, Bangkok
12.09.11

Setelah dari Lucky Buddha Temple atau namanya Wat Buranasiri Mattayaram, kita lanjut perjalanan ke daerah China Town, di sini ada Vihara yang terkenal karena punya tinggi lebih dari 3 meter, beratnya lebih dari lima ton dan semua terbuat dari emas murni. Beeh...kalah monas, hehe...nama tempatnya Wat Traimit. 

Menurut sejarahnya dulu waktu perang sama Burma, ini patung mau dipindahin ke Vihara yang lebih besar. Karena dulu belum ada crane, pas diangkat jatuh ke lumpur. Ada bagian yang patah, dan baru pada sadar kalau bagian dalamnya dari emas murni. Jadi patung itu sebelumnya terbungkus semen hampir 200 tahun, dan hampir selama 20 tahun dicuekin karena enggak menarik. Wat Traimit ini ada di jalan Tri Mit Road, enggak jauh dari stasiun kereta Hua Lamphong.

Wat Traimit

Selanjutnya kita lanjut perjalanan lagi ke salah satu Vihara yang ada patung Budha yang paling tinggi di Bangkok. Namanya Wat Indraravihan, Lhuang Phor To. Tempatnya mirip di daerah glodok nih kalo di Jakarta. Agak masuk ke dalam dan masih di sekitar kawasan China Town. Hari itu emang banyak yang dateng ke Vihara karena lagi Budhish Day. So, kita enggak lama di sana karena udah lapar dan waktunya makan siang. Jadi cuma sempetin foto dibawah Patung Budha yang tingginya sekitar enam materan itu. Eh, sempet juga gue ketemu Snowy, anjing si Tintin. Asli mirip banget sama kartunnya yah. haha...


Wat Indraravihan


Sebelum ke Grand Palace, Gue sempatkan jalan kaki ke tempat dimana banyak patung Budha. Namanya Wat Po yang memiliki jumlah terbesar patung Buddha di seluruh Thailand. Baris yang sangat besar yang dipajang di galeri yang panjang, tapi lebih menarik adalah patung besar di setiap gateway di kompleks. Gue mendengar pemandu wisata menjelaskan bahwa mereka mewakili Marco Polo. Di gateway lain kita mengenali orang tua kita lihat di Cina, Konfusius sendiri.
 


Wat Po


Written by Edhoy, Photos by Edhoy.
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment