28 November 2011

Transportasi Karet vs Cepat

Cyberedhoy, Hong Kong
16.11.11

Hari Rabu, dikala orang-orang Jakarta disibukkan dengan jam kerja normal dan kemacetan menuju kantornya. Sekitar jam 8 pagi, gue dan Lydia disibukkan sama taksi pesanan yang tak kunjung datang. Sengaja nih berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta dari rumah mertua di Kemayoran yang lebih deket. Coba aja kalo berangkat dari Cipayung, jam 5:30 udah jalan kita, guna menghindari kepenatan tol dalam kota. Nah, taksi Blue Bird yang kita pesen belom sampe, padahal pool kemayoran cuma 2km dari rumah. huuufff....

Singkat cerita, jam 9:30 kita sudah di Terminal International 2D Bandara Soetta naik taksi itu. Langsung deh check in di Garuda, terus ke Imigrasi. Langsung nunggu sekitar sejam di ruang E1 setelah boarding pass. Ketika di dalam pesawat, ternyata kita duduk di bangku yang sebenernya buat airline crew, bisa ditutup gorden-nya. Tepat jam 10:30 WIB kita take off, melaju di udara menuju daerah administratif RRC.

Empat jam dua puluh menit kemudian, kita tiba di Hong Kong International Airport. Lagi-lagi kalo inget di negeri sendiri kayaknya jauh banget, ini megah, sementara di Soeta suram. hehe...sstelah nunggu bagasi, kita langsung menuju kawasan MTR khusus dari airport. Mau naik kereta ke daerah Kowloon, tapi sebelumnya kita beli dulu kartu Octopus, masing-masing diisin HK$ 100. Buat naik MTR bisa berkali-kali, kalo limit mau habis bisa isi ulang di mesin-mesin yang banyak tersedia di Stasiun MTR.

Dari bandara kita menuju Hotel di Kowloon, kita naik MTR jurusan Kowloon Station sekitar 30 menit, terus nyambung airport bus ke daerah Tsim Sha Tsui sekitar 30 menit sambil lihat kota Hong Kong di kala sore. Kita turun di depan Hotel Peninsula, dari situ jalan kaki 100 m menuju Hop Inn Hotel.

Pokoke, hari ini kita udah cobain perjalanan lintas tiga armada, mulai dari taxi, pesawat, kereta dan bus. Bedanya kalo di negara kita kagak on time dan waktu tempuh unpredictable. Sedangkan di  Hong Kong semua serba mudah dan cepat, bagus, on time lagi. Seru kan? ;)

Written & photos by Edhoy.
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved.