01 December 2011

Hunting Belagio, Lack of Crowd Safety Guidelines

Cyberedhoy, Jakarta
28.11.11

Behind Police Line
Masih inget kan rucuh antri Blackberry di Pacific Place minggu lalu? Kebetulan juga gue ada di sana, enggak niat antri apalagi kepikiran beli, Cuma bener-bener kebetulan janjian sama temen di PP itu. Nah, begitu masuk ke kawasan SCDB udah terasa aroma macetnya, jadi gue putuskan parkir motor di Electronic City seberang Pacific Place.

Sekitar jam 11 siang gue sampai di TKP dan antrian terlihat ricuh karena  menurut info orang yang sudah datang dari pagi, pihak  panitia sudah berjanji akan melayani semua pengunjung yang hadir. Pantes aja makin siang makin antusias masyarakat untuk hadir dan rela berdesakan masuk agar bisa beli telepon pintar itu. Eniwei, gue tetep behind police line. Jauh dari antrian, hanya bisa lihat dari parkiran Automall.


Gak sedikit orang sejak pagi mengantre, ratusan orang sudah mendapatkan gelang merah sebagai tanda bukti telah terdaftar. BlackBerry Bold 9790 yang lebih dikenal dengan kode nama Bellagio diluncurkan di Indonesia. Promosi dilakukan dengan memberikan potongan harga sebesar 50 persen.



Antrean malah menjadi ricuh karena banyak calon pembeli yang pingsan malah ada yang patah tulang. Kericuhan itu pula yang menyebabkan acara ini terpaksa ditutup. 


Antrian BB Belagio


STOP...sampai disini dulu ceritanya...what went wrong?

Teknik marketing dengan menunjukkan antrian orang orang yang berebut mendapatkan suatu produk sehingga menciptakan kesan produknya laku dan digandrungi banyak orang, terkadang lupa memperhatikan sisi safety para pelanggannya.

"Perencanaan yang efektif dan Crowd Management seharusnya dapat mencegah terjadinya bencana tersebut" Jelas sekali bagi para retailer, pemilik mall, pusat perbelanjaan lainnya, atau siapapun yang menjadi penyelenggara suatu acara yang menjadikan adanya kerumunan massa untuk mengetahui dan menerapkan  "Crowd Management Safety Guidelines" (Panduan Keselamatan Manajemen Kerumunan Massa) untuk keselamatan kita semua, baik itu para konsumen/ pengunjung atau penyelenggara.
Silahkan download gratis file pdf "Crowd Management Safety  Guidelines for Retailers" pada link berikut untuk lebih jelasnya. Buat pembelajaran aja kalau kita mau promo pake acara kumpulin massa biar gak kena masalah...


Written & photos by Edhoy.
© 2011 Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment