18 December 2011

Kuliner Jajan Pasar sampai Jajan Kota

Cyberedhoy, Bandung
18.12.11

Sabtu pagi itu, kita meluncur ke kawasan Pasar Cihapit buat sarapan Kupat Sayur, banyak kuliner di situ sih. Tapi ya namanya pasar jadi ada aja yang beli jeruk, singkong goreng, sampe tahu gejrot. Nah, gara-gara buah, jadi kepikiran pada hunting duren. Jadilah kita melintasi Jalan Riau sampe ke jalan apa tuh gue lupa, pokoke yang deket perempatan ada tukang duren di pinggir jalan. Seperti biasa, yang jual langsung jual mahal karena lihat yang datang rame-rame pada 'ngidam duren naik lima mobil. Mosok duren kecil gak jelas asalnya di bandrol 80ribu. preeett...!!


Duren on the street vs supermarket

Akhirnya diambil voting mampir ke supermarket khusus buah, nah di Total Buah Segar ini dapet duren montonk. Tadinya udah pada patungan, tapi terus gak jadi karena mbak Ayi traktir. Habis sikat duren, petualangan kuliner jadi agak terpencar. Beberapa mobil termasuk gue pilih nongkrong di Ngopie Doeloe yang ada di kawasan Dago, belakang RS Boromeus. Sementara yang lain ada yang beli kopi mentah beneran di kawasan lain.

Ngopie Doeloe

Siang itu cuaca lumayan panas, jadi di Ngopie Doeloe yang konsepnya santai di rumahan ini kita pilih duduk di teras tepat depan pintu masuk ke ruang utama karena mejanya besar bisa nampung rombongan ceriwis ini. Pesenan gue cukup unik, Es Goreng. Dulu waktu gue kecil, suka beli es goreng di Parahyangan Plaza. Dan baru nemu lagi es ini di sini, jadi pas waktu itu datang rame-rame pada mengabadikan di blackberry-nya, sampe ada yang jadiin foto profile dan upload ke facebook. haha...sebenernya ini semacam roti yang digoreng tapi dalamnya ada ice cream-nya. nah lho, bingung kan loe cara bikinnya??

Es Goreng

Biar gak penasaran, nih gue lampirin cara buatnya hasil dari gugling :

Resep Bahan Es Krim Goreng Choco Brownies :
* 1 pak Wall’s Vienneta Brownie Chocolate
Resep Bahan Pelapis Es Krim Goreng Choco Brownies :
* 20 lembar roti tawar tanpa kulit
* 250 ml susu cair
Resep Bahan Pencelup Es Krim Goreng Choco Brownies :
* 4 putih telur, dikocok lepas
Resep Bahan Pelapis Es Krim Goreng Choco Brownies :
* 150 gram tepung panir kasar
Cara Membuat Es Krim Goreng Choco Brownies :
1. Potong-potong Wall’s Vienneta Brownie Chocolate setebal 1 cm. Bekukan lagi.
2. Rendam roti tawar dengan susu cair asal lembek. Letakkan potongan es krim. Tutup roti tawar. Rekatkan dengan putih telur.
3. Celup ke putih telur. Gulingkan di tepung panir kasar. Bekukan lagi minimal 3 jam dalam freezer.
4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api besar asal kekuningan.
Setelah matang, Es Cream Goreng siap di sajikan.


Nah, nongkrong di Ngopie Doeloe lumayan lama, hampir dua jam. Habis itu kita lanjut kuliner ke kawasan Benteng buat cobain mie kocok yang katanya terkenal di Bandung. Di sana ada pilihan daging pake tetelan atau tanpa gajih. So, gue cobain yang pake daging lah, secara biar ga nambah kolestrol. Ternyata rasanya biasa aja, tapi pas di tambahin bumbu di meja sesuai selera kita rasanya jadi lumayan. So, sehabis makan pada bubaran. Gue dan Lydia pamit lanjut ke Ujung Berung nengokin mbah gue, sementara yang lain langsung pulang ke Jakarta.


Written & Photos by Edhoy
© 2011 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment