29 December 2011

Safety Starts Here

Cyberedhoy, Jakarta
29.12.11

Mau cerita apa lagi neeeh?

Sebenernya gue sekarang kerja sebagai praktisi HSE (health safety environment) bukan karena gambar di samping lho... again, that's my transformation menyesuaikan dengan hal yang gue suka. Bukan bekerja dengan hal yang enggak gue suka. Sebenernya sewaktu gue jadi companyman dulu di salah satu Oil Company, hal yang berbau HSE sudah sangat kental. Semua harus safety first. Hanya itu budaya belum general menyentuh ke semua sendi-sendi kehidupan.

Selepas merantau dari Borneo, kembali ke Jakarta punya niat lanjut studi S2 belajar Project Management atau HSE. Di salah satu Universitas Negeri favorit di Jakarta ada dua jurusan itu, dan biayanya paling mahal di antara S2 lainnya, akhirnya gue ambil yang biasa aja lah di almamater. Kebetulan disiplin yang gue ambil Jurusan Operation Management, lebih ke Starategic/Quality Management-nya. Sekalian aja bikin riset tentang HSE sambil berkecimpung di salah satu Konsultan migas untuk EPC.

Nah, begitu lulus gue dipercaya gabung lagi di salah satu perusahaan EPC lokal yang ternyata udah berubah status jadi PMA, di situ gue jadi SSHE Superintendent untuk project international di Thailand. Dari situ lah gue banyak belajar perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi terhadap performance HSE suatu proyek besar dengan manpower lebih dari 2000 orang dan melewati 6 juta jam kerja tanpa LTI (lost time incident).


Untuk menciptakan lingkungan kerja tanpa LTI ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ini perlu proses yang bukan sehari atau 10 tahun, tetapi dibutuhkan proses yang terus menerus. Banyak tantangannya terutama bagaimana mengubah mainset pekerja lokal supaya menghargai keselamatan. Makanya ilmu HSE ini dinamis, banyak banget pembelajarannya. Bukan rahasia kebanyakan kecelakaan terjadi karena faktor manusia sehingga dibutuhkan pendidikan atau pemahaman tentang keselamatan kerja yang terus menerus. Continous improvement bahasa kerennya ;p

Kampanye zero accident merupakan salah satu metode untuk mengurangi potensi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error). Metode ini dikembangkan di tempat kerja dengan menerapkan prinsip menghargai manusia, yaitu latihan antisipasi keselamatan dan mencatat semua kejadian yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Ini melibatkan semua pekerja semua level, tentu ada program reward dan punishment juga. Aktivitas menghadapi bahaya merupakan kegiatan yang dilakukan terintegrasi dalam prediksi bahaya (risk assessment).

Dasar dan inti dari kampanye ini adalah antisipasi keselamatan dan kesehatan dengan mengikut-sertaan semua orang agar tidak ada seorang pun mengalami cedera di tempat kerja. Kampanye ini merupakan “metode” untuk mewujudkan prinsip tersebut dan mengembangkannya secara nyata serta di lapangan. Kampanye nihil  kecelakaan ini mendukung trinitas dari prinsip, metode dan praktek. Bila salah satunya ditiadakan, kampanye kecelakaan nol ini tidak dapat dilakukan.


Menurut gue ini profesi yang paling mulia di lingkungan migas, karena bener-bener mikirin keselamatan semua sektor mulai dari manusia, property dan lingkungan hidup. Jadi gue sangat senang kalo ada perusahaan yang mendukung program HSE-nya karena memang butuh komitmen dan dukungan dari management-nya dari atas ke bawah. Gue suka mengubah cara pandang orang sehingga dia lebih care dengan dirinya dan lingkungannya. That's why i love this job meski kadang 'nyebelin juga kalo ada orang yang cuek dengan keselamatannya sendiri.

Safety is everyone's business, and it's starts with me and you !



Written & Photos by Edhoy
© 2011 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment