22 January 2012

Gong Xi'ngapore

Cyberedhoy, Singapore
22.01.12

Sehari menjelang Tahun Naga, Gong Xi Fat Chai di Singapore udah ramai dengan ornamen oriental dimana-mana. Jalan sepanjang Orchard Road di depan mall ada aja ornamen patung naga dengan hiasan merah 'nge-jrenk!



Mejeng depan Hotel
Oh, ya. Sebelum ke Orchard kita sempetin jalan-jalan ke Merlion dulu, enggak sah katanya ke Singapore kalo gak foto sama Singa putih maskot negara ini. Kita jalan kaki dari Museum Mint, menuju Hotel Furleon dengan melintasi jembatan yang membelah ibukota Singapore City ini tepat di kawasan Hotel Fullerton tempat kita nginep. Lumayan juga jalan-nya, ditengah teriknya mentari waktu menunjukan jam 11 siang nih.


Seperti biasa, pengunjung situ kalo panas rela antri di penjual ice cream Walls yang cuma dipotong kubus dan makannya pake roti itu. Mirip es dung-dung kalo di Jakarta sih. Tapi ini es krim-nya beneran. Harga normal Sin$1.5, tapi berhubung Gong Xi Fat Chai harganya naik jadi $2, sekitar 15ribu perak. haha...gak ada yang murah disana ;p

Ice Cream on the Street

 Merlion, bentuk singa laut ini jadi maskot Singapore. Menurut versi Wikipedia, Merlion ini adalah patung yang berkepala singa dengan badan seperti ikan. Namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa. Merlion dirancang oleh Fraser Brunner untuk Badan Pariwisata Singapura (STB) pada 1964 dan dipergunakan sebagai logonya hingga 1997. Perdana Menteri saat itu, Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasangan Merlion di Singapura pada 15 September 1972. Merlion tetap menjadi lambang merek dagangnya hingga sekarang. Ia juga seringkali muncul dalam suvenir yang disetujui oleh STB. Patung asli Merlion berdiri di mulut Sungai Singapura sementara sebuah replika yang lebih tinggi dapat ditemukan di Pulau Sentosa.

Tinggi Merlion ini 8,6 meter dan beratnya 70 ton. Patung Merlion dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura, Lim Nang Seng. Menurut kampanye publikasi Badan Pariwisata Singapura, makhluk berkepala singa dan bertubuh ikan ini mengingatkan akan kisah tentang Sang Nila Utama yang legendaris, yang melihat seekor singa selagi berburu di sebuah pulau, dalam perjalanannya ke Malaka. Pulau itu belakangan dikenal sebagai pelabuhan Temasek, yang kemudian menjadi Singapura.


Reference : http://id.wikipedia.org/wiki/Merlion
Written & Photos by Edhoy
© 2012 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment