22 January 2012

Moment of Imagination and Nostalgia with Toys

Cyberedhoy, Singapore
22.02.12

Terletak di 26 Seah Street, kawasan lama peninggalan penjajahan Inggris masih berdiri tegar dengan adanya Hotel Rafles di sana. Tepat di seberangnya ada Museum kecil dengan koleksi mainan-mainan dari seluruh dunia, MINT The Museum of Toys yang konon didirikan tahun 2006 dan diresmikan sama menteri luar negeri saat itu George Yeo. Desain bangunan mengandalkan panel kaca dengan pencahayaan natural. Kesan kelam dari luar, enggak jelas ini Museum apa kedai kopi. haha...

Ternyata desain bangunan museum ini dibuat sama arsitek Singapore yang menang di tiga even international, salah satunya dari Cityscape Dubai Architectural Award di tahun 2008.

MINT (Moment of Imagination and Nostalgia with Toys)  ini museum pertama yang diperuntukan untuk koleksi mainan. Kolektornya Chang Yang Fa, mulai dari vintage toys, sampai koleksi langka sekitar 50,000 memorabilia dari 40 negara dari pertengahan abad 19 hingga peto the mid-20th Century pertengahan abad 20. Setiap mainan menceritakan perbedaan jaman dimana mereka dibuat.


Koleksi mainan kuno Indonesia gue nemuin mainan Kapal klotokan dari seng yang doeloe dijual dipasar dipamerin di dalam baskom. Inget gak loe? hehe...udah punah kali tuh di pasaran. Dari semuanya gue paling suka dengan koleksi Tintin. Enggak ada yang sama di jual di pasaran seperti yang pernah gue lihat. Lengkap banget action figure-nya.


Untuk bisa masuk ke museum berlantai lima ini perlu keluarin kocek Sin$ 15 per orang, sekitar 108rb perak. Cuma mau liat action figure doang keluarin kocek 200rb buat kesitu. haha...mantab...gue pikir koleksinya kayak di komik-komik DC & Marvel, jebulane gue gak nemuin satu sosok fenominal Batman atau Superman yang gagah, malah nemunya ukuran badan mereka & mukanya enggak jelas. Alias gendut-gendut dan bener-bener kuno. beeeh...



Written & Photos by Edhoy
© 2012 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment