24 January 2012

Sop Ikan Yong Kee

Cyberedhoy, Batam
24.01.12

Masuk minggu ketiga di Batam, akhirnya gue nemu tempat makan yang enak, terkenal pula di Batam. Lucunya lagi, lokasinya sekitar 1 km dari hotel tempat gue nginep. Sebenernya gue udah tau dan pernah lewat sana, cuma temen-temen gak ada yang mau mampir karena jauh jalannya. So, siang itu gue dan Lydia mampir ke sana. Kebetulan kita semalam baru balik dari Singapore, jadi bangun kesiangan. Jadilah iseng jalan-jalan sekitar Hotel Harmoni.

Yup, apalagi kalau bukan Sop Ikan Yong Kee Istimewa. Kata orang sih di kawasan Batam Center ini restoran yang pertama, malah dua resto lainnya dibuka di kawasan Nagoya dan Mall Kepri. Sama-sama berlantai dua dan selalu ramai. Kebetulan waktu kita pertama kesitu sih pas imlek, jadi enggak terlalu ramai. Hari biasa justru orang Singapore yang banyak kuliner di sana.

Semangkuk Sop Ikan panas dan nasi hangat ditemani Teh 'O (teh hangat) jadi pillihan gue. Sementara Lydia cobain Tom Yam dan Teh Obenk (es teh manis). Hehe...makan seru sampe keringetan gue, jujur aja selama kita main ke Singapore enggak ada kuliner seenak di Indonesia. Puas banget makan di situ. Porsinya lumayan gede, tapi karena menantang jadi enggak terasa banyak. 

Sop Ikan ini pakai ikan tenggiri segar,resep warisan turun temurun karena warung pertama ada sekitar 21 tahun lalu. Irisan tomat hijau, sawi asin ditambah irisan cabe rawit ijo bikin makan ini dijamin seger dan keringetan. Selain ikan bisa juga dicampur cumi apa udang buat yang suka sea food. Gue icipin Tom Yam-nya juga enak kok, seger disikat hangat-hangat.

Nah, konyolnya nih pas pulang. Kita iseng enggak lewat jalan arah datang. Malah jalan kaki menjauh dari hotel, dengan harapan sih kenalin wilayah Batam Center ke Lydia. Kita jalan dari mulai ke Alun-alun, kantor Otorita, Matahari lama sampai kembali lagi ke Hotel lewat pintu Convention Center di perempatan jalan Engku Putri. Beeehh...menjauh 3x lipat jalannya. Jadi laper lagi, hehe...


Written & Photos by Edhoy
© 2012 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment