25 February 2012

Kuliner Seputar Batam

Cyberedhoy, Batam
25.02.12

Kali ini gue mau ajak jalan-jalan mengunjungi beberapa tempat kuliner yang ada di samping Hotel Harmoni tempat kita 'nginep hampir dua bulan tugas di Batam, hingga kuliner yang ada di seputar Batam Center terutama Mega Mall yang pernah kita datangi. 

Buat yang belum terbiasa dengan istilah lokal di sana, sebaiknya inget nama khas minuman yang kita kenal macam Teh Manis Hangat di sana diblang Teh O, terus Es Teh Manis jadi Teh Obeng. Ga jelas juga tuh apa konon dulu buatnya diaduk pake obeng sebelum ditemukannya sendok. hahaha....




Daerah seputar hotel tempat kita 'ngenep mendadak banyak tempat kuliner baru, salah satunya rumah makan prasmanan Ratu Gurih ini. Di sini mengingatkan masakan khas Jawa bagi pendatang di Batam yang kangen masakan rumahnya. Maklum, mayoritas yang tinggal di Batam adalah pendatang, termasuk kita yang berasal dari Jawa dan sempat hampir dua bulan bertengger di sana. Menu favorit di sini adalah ayam goreng, ada juga yang seneng lele goreng.  


Agak menjauh dari Hotel Harmoni, pas belokan ke kiri perempatan, ada yang jual Pecel Lele. Lumayan rame kalo malam. Kita biasanya mampir ke sini kalo lagi bosen makan yang bener. Maksudnya makanan mahal, jadi sesekali merakyat makan di tongkrongan yang banyak pengamennya itu. Menu tentu aja Lele gombel, sambil ditemani Teh Obeng tentunya.


Lebih jauh dari Hotel dan perlu naik angkot, ada kawasan kuliner di daerah Simpang Kara. Disini jual berbagai macam makanan sea food yang terkenal di Batam. Masyarakat di sana biasanya namain lokasi berdasarkan apa yang ada di situ. Misal Simpang Jam karena ada Jam di situ, atau Simpang Rujak karena banyak penjual rujak di sana. Nah, asal-usul Simpang Kara sendiri enggak jelas, yang jelas kalau disini selain bisa cuci mata liat live music, yang layanin mayoritas cewek dan kadang ada SPG 'nyasar. Berhubung daerah ini lurusan pelabuhan, tentu aja banyak orang kapal yang berlabuh di sini.


Agak ke pusat Batam Center, kalau di Mega Mall biasanya kita nongkrong di Solaria atau tempat 'ngopi-ngopi. Kebetulan hari itu sempet cobain resto yang ada di Mega Mall itu yang juga namanya Cobain. Jelas kita kesitu untuk test food, cobain. Jadi bener-bener cobain, soalnya penasaran juga kok banyak orang cobain. hahaha...jadi deh semua makanan kita cobain, dan tentu aja yang paling banyak kolestrolnya itu lah pemenangnya. Gue suka cumi bakar asem manisnya. Cobain deh ;)


Kalau ini kuliner off the record, alias kalo ada jam istirahat kantor yang lumayan panjang, kita mampir ke Lapo Tobing. Tapi kali ini gue sekali aja ke sininya, soalnya jauh dan gak jelas lokasinya dimana. Berhubung diajak ya sikat aja, haha...


Suatu kali gue habis ikutan site visit mengunjungi salah satu subcon di pesisir Batam, gue lupa namanya. Tapi supir gue ajak makan di salah satu rumah makan Padang yang jual Ikan Salai, penasaran kayak apaan, akhirnya gue ikutan aja. Ternyata enak banget, dan baru kali itu pertama kalinya gue makan ikan di Batam dan jarang ditemuin di rumah makan Padang lain. Meski bumbunya agak berminyak, tapi tidak terlalu kentel. Melted kalo di mulut mah, haha...


Nah, kalo main ke darah Nagoya, kita malah jarang kuliner. Paling cuci mata aja lihat-lihat barang elektronik yang berjibun di sana. Maklum, di Nagoya Hill dan Lucky Plaza terkenal sama elektronik yang murah, meski pinter-pinter nawar lah...hehe...kenyang deh, dijamin gak makan kalo udah capek keliling. Takut pulang gak ada angkot balik ke Hotel.





Written & Photos by Edhoy  

© 2012 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment