21 June 2012

Mobil Dari Masa ke Masa

Cyberedhoy, J-Town
20.06.12

Berikut curhat soal mobil apa aja yang sudah dipake keluarga gue sejak gue masih orok. Dimulai dari sekitar akhir tahun 70an (busyet, jadi ketawan deh berapa kira-kira umur gue)...

1972 Fiat 125 Berlina
Spesifikasi Fiat 125 ini masih original buatan Italy tahun 1972, sedan dengan 4 pintu dan 4-speed gearbox. Dimensi body dengan panjang 4223 mm, lebar 1611 mm. Berhubung ini mobil eropa, desain untuk waktu itu udah termasuk happening dengan top speed 160km/h. Bokap gue punya warna putih, sewaktu gue kecil itu, kita pernah jalan paling jauh ke Semarang dari Jakarta. Digunakan antara tahun 1977 - 1982.



1982 Suzuki Carry
Berikutnya Suzuki Carry yang dulu sempet gue bilang mirip kotak sabun. Sewaktu SD gue inget pernah diajak pake mobil yang gendut kalo diisi full, padahal tahun segitu belum ada istilah full pressed body lho...perjalanan paling jauh cuma sampe Bandung, maklum gak lama pake mobil ini, panas banget karena mesin adanya di bawah jok depan dan tahun segitu emang AC masih jarang dipake di mobil2, maklum polusi belum banyak. Babe gue pake ini sekitar tahun 1982an.
1985 Toyota Corrola GT 16V
Untuk pertengahan dekade 80an, mobil jenis ini keren banget, nama lengkapnya Toyota Corolla GT 16V, masih versi Eropa, FWD (front-wheel drive) dan manual 5-speed gearbox. Dengan dimensi panjang 3970 mm dan lebar 1655 mm tentunya sangat tidak cukup untuk garasi di rumah gue sewaktu di Condet. Jadi terpaksa kamar depan dihancurin buat nambahin panjang garasi. haha...



1989 Suzuki Katana GX 1.3
Nah, kalo ini termasuk mobil favorit bokap gue, Katana yang mesin-nya bandel tapi sangat tidak dianjurkan buat keluarga muda yang istrinya lagi hamil. Per-nya itu lho boo...keras abis, namanya juga jeep. hehe...eniwei, dengan Katana ini keluarga gue termasuk sering Tour de Java pake ajak kakek nenek gue yang di Bandung ke Yogya, Semarang malah sampe Palembang juga pernah dipake Bokap waktu tugas di sana. Mobil ini termasuk awet dipake sampe lima tahun hingga 1994an.

 
1991 Toyota Sprinter
Kalau ini sebenernya mobil kedua bokap selain Katana, tapi cuma dia beli sewaktu tugas di Batam dan gak bisa dibawa ke Jakarta. Maklum tahun 90an Batam terkenal dengan mobil2 import dengan harga murah, dan gak ada di luar Batam. hehe...

 
1994 Mazda Ventrend
Pas gue SMA, bokap beli mobil panjang ini, gak jelas maksudnya apa. Soalnya belinya aja gak bilang sama orang rumah. Dengan begitu tentunya garasi waktu peninggalan Toyota Corolla '85 itu gak sia-sia. Yap, dengan dimensi yang lonjong dan kurang sedap dipandang mata. Akhirnya mobil ini cuma bertahan gak lebih dari dua tahun saja.


1993 Suzuki Esteem (beli 2nd)
Mobil merah ini enggak dibeli baru, jadi baru kali ini bokap beli mobil second yang umurnya udah 8 tahun pas gue lulus kuliah di tahun 2001. Buat belajar jadi gak ribet urusannya. Ternyata, mobil ini yang paling banyak masalah. Mogok di jalan lah, yang asep klapot-nya bikin panik negara tetangga karena mirip kebakaran hutan asep-nya, belom lagi karbulator depan yang suka tiba-tiba 'ngebul asep-nya, minyak rem bocor, tirod ban bengkok karena nabrak trotoar akibat body terlalu ceper, dicium truk sampah - bus - angkot, wuih...puas banget make ini, serasa pede dan was was kalo pegang mobil baru karena bawa mobil ini bikin gak nyaman dan H2C harap-harap cemas gak mogok di jalan. hahaha.... 


2004 Daihatsu Taruna
Awal pemberontakan gue, berasa udah pengalaman bawa Esteem merah yang dijulukin Ferrari karena sering masuk pit stop alias bengkel, akhirya gue beli mobil sendiri aja. Model jeep karena gue suka yang tinggi-tinggi (bukan karena body gue imut lho)...baru berumur seminggu ini udah diajak test drive adik gue ke Anyer, terus dua minggu kemudian gue kebut ke Yogya. Puas banget, enggak ada repotnya pake ini, sudah dibawa kemana-mana sampe waktu bulan kemarin gue jual setelah 8 tahun pakai sudah mencapai 195ribu km.



2001 Honda City (2nd)
Akhirnya bokap 'nyerah juga melepas Suzuki Esteem ajaib-nya di tahun 2005 setelah empat tahun 'ngabisin anggaran rumah tangga untuk perawatan. Tahun 2005 dia beli Honda City second, ini mobil bekas kedua dia yang masih bagus kondisinya. Enak dibawa 'ngebut, masih terawat, AC-nya dingin dan lumayan gaul. Sama kayak Taruna, ini mobil juga pernah diajak keliling Jawa, dan hampir gak ada keluhan kecuali pas tabrakan beruntun tahun 2009. Habis dibenerin langsung deh dijual, haha...




2010 Nissan Grand Livina
Beli mobil ini sebenernya enggak terlalu mewakili keluarga, karena adik gue yang mau dan terpaksa bokap beli dengan harapan adik gue nerusin cicilannya tiga tahun. Kenapa gak terlalu mewakili? Karena bokap gue enggak bisa pake mobil automatic.haha...Jadi dia lebih seneng pake Taruna gue kemana-mana. Blom banyak cerita pake mobil ini karena rute paling jauh pernah gue pake ke Kawah Putih di Ciwidey, itu pun terasa banget boros dan mahalnya. Maklum kalo jalan naik dan transmisi automatic boros, mana ini pake Pertamax. makin terasa aja menggerogoti isi kantong. haha...

 

2012 Rush Type-S M/T Dress Up
Sebagai keluarga yang baru seumur jagung, tahun ini akhirnya gue melepas Taruna biru dan berniat ganti dengan model jeep yang lebih mudaan dan pas dikantong harganya. Yup, akhirnya medio 2012 ini lengkap sudah punya momongan baru. Belum banyak ceritanya karena emang masih nunggu kedatangannya di rumah. haha...



Yah, segitu dulu curhatnya, dengan begitu tentu mematahkan segala desas-desus yang berpikiran jorok tentang mobil-mobil yang pernah gue pake. Semoga pendahulu-pendahulunya dimanapun mereka berada tetap 'nyaman dan 'gak merepotkan pemakai selanjutnya ;p


Written & Photos by Edhoy
© 2012 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

6 comments:

  1. Wow keren.

    ReplyDelete
  2. Wow keren.

    ReplyDelete
  3. wowwwwwwwwwwwww

    ReplyDelete
  4. it's good story bos -MS-

    ReplyDelete