21 July 2012

Dark Knight Rises IMAX

Cyberedhoy, J-Town
21.07.12

Minggu ini kita nonton premier lagi, kali ini beruntung dapet tiket IMAX film Dark Knight Rises di hari kedua setelah launching tanggal 20 Juli 2012. Berkat MTIX akhirnya tiket bisa kebeli seminggu sebelumnya. Kalau enggak ya bakalan nunggu kayak waktu nonton The Avengers, di minggu ketiga baru bisa cobain IMAX. hehe...

Di seri trilogy Batman versi Chistopher Nolan ini bikin penasaran banyak penggemar Batman, soalnya di poster-poster film-nya tertulis 'The Legend End'. Spekulasi Batman mati/pensiun sebelum nonton film pun berkecamuk di pikiran fans boy sekalian. Di akhir film ini sukses bikin penonton meneteskan air mata dan bertepuk tangan ketika sang superheroes back from the dark.





Dark Knight Rises dibuka dengan adegan laga di udara, tepatnya di dalam pesawat berisi sejumlah agen rahasia, yang mendebarkan saat tokoh antagonis Bane (Tom Hardy) pertama kali menampakkan batang hidungnya sekaligus memamerkan kecemerlangan otot dan juga otaknya. Ternyata pemeran Bane ini yang main di film cupu 'This Means War' yang ceritanya polisi rebutan cewe jadi partnernya.


Tom 'Bane' Hardy in This Means War

No one cared who I was until I put on the mask,” kata Bane kepada salah satu agen rahasia. Dengan dialog tersebut, Nolan sang sutradara seperti ingin menekankan sejak dini bahwa Bane benar-benar merupakan makhuk yang berbeda dibanding Batman atau Bruce Wayne (Christian Bale). Tidak seperti Bane, Bruce Wayne sudah diperhatikan banyak orang sebelum ia mengenakan kostum Batman karena kesuksesan orang tuanya.

Kondisi Batman dan Bane pun terus berlawanan di sepanjang film: saat Bane ada di atas, Batman ada di bawah; dan begitu pula sebaliknya. Bane terlihat begitu perkasa dan kejam di sepanjang film, sementara Batman seringkali terlihat rapuh dan lembek akibat sempat pensiun membasmi kejahatan selama delapan tahun. Apalagi pas Cat Woman ajak dia ke sarang Bane, jadi bulan-bulanan almamater Kelompok Bayangan asuhan guru yang sama Ra's al Ghul, Batman kalah dan dibuang ke sumur gabung bersama kelompok The Loosers yang berbulan-bulan baru bisa bangkit setelah punggungnya cedera karena Bane.




Tanpa Batman, Gotham jadi luluh lantah di bom kelompok Bane. Tapi selalu ada pahlawan baru di dunia DC Comic, di tangan polisi muda bernama John Blake (Joseph Gordin-Levitt), harapan Gotham bisa merebut kembali haknya mendapatkan kehidupan tenang dan aman, sementara ada 3000 polisi bertahan hidup berbulan-bulan di bawah tanah. Dari lingkaran dalam di Wayne Enterprises juga masih ada Lucius Fox (Morgan Freeman) yang tiada henti menjadi mentor rohani dan bisnis Bruce Wayne alias Batman. Mereka melakukan gerakan bersama Komisaris Gordon berusaha menggagalkan bom nuklir Bane yang diambil dari reaktor milik Bruce Wayne itu. Apalagi Wayne Enterprises sudah telanjur jatuh ke tangan Miranda Tate (Marion Cottilard) yang semula menjadi orang kepercayaan namun kemudian terbukti berkhianat ke Batman.

Perserikatan mulus antara aksi, emosi, plot, karakter, dan bahkan ambisi membuat durasi panjang 165 menit tak terasa berlalu begitu saja. Semuanya tak lepas dari penyutradaraan Christopher Nolan dan juga akting jempolan dari deretan aktor dan aktris yang dapat dianggap all-star. Tom Hardy, Anne Hathaway, dan Marion Cotillard yang baru bergabung dengan keluarga Batman tampil lentur seakan sudah turut serta sejak Batman Begins.


Eniwei, apalagi karya Chistopher Nolan setelah superhero yang satu ini? Kabarnya doi enggak mau lanjutin Batman stelah trilogy ini. Meskipun di akhir cerita The Dark Knight Rises ini ada bocoran kalo polisi muda Robin John Blake dapet warisan dari Batman, koordinat dimana cikal bakal persembunyian Robin. Jadi sabar aja nunggu karyanya Nolan yang masih mengangkat karakter superhero dari dunia DC Comic, Man of Steel yang juga sobat Batman ini di tahun depan. hehe...


Written & Photos by Edhoy
© 2012 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment