29 December 2012

JeJamuran Sleman

Cyberedhoy, Sleman
29.12.12

Mrs & Mr Edhoy @Jejamuran
Weekend kali ini kita menuju ke arah Sleman Yogyakarta, mengisi hari ketiga di Yogya dengan berburu kuliner yang vegetarian, yup...resto Jejamuran yang terseohor dengan kuliner khas jamurnya. Kita penasaran dengan Jejamuran yang konon menyajikan menu istimewa yang terbuat dari bahan dasar jamur seperti sate jamur, tongseng jamur, gulai jamur, jamur crispy dan berbagai menu dari jamur lainnya. 

Dari tempat kita menginap di kawasan jalan Dagen Malioboro, taxi jadi pilihan utama menuju ke sana. Ternyata jaraknya lumayan, argonya sekitar 40 ribuan. Lebih murah dibanding harus sewa mobil. Tapi sampai jalan Magelang itu ternyata macet, polisi melarang kita belok kanan. Akhirnya kita turun di perempatan Beran Lor (jalan Magelang KM 10), 'nyebrang jalan dan jalan kaki ke dalam yang menurut plang jalan hanya 800 km. Lumayan lah siang-siang terik gitu jalan kaki. hehe... 


The Menus

Sampai sana terbayar sudah rasa penasaran kita, melihat menu-menu yang memiliki citarasa yang unik dan lezat ini, dengan budget gak terlalu mahal ternyata. Jejamuran juga memiliki tempat yang bersih dan luas, sehingga membuat kita nyaman saat menikmati hidangan yang dipesan. Keunikan lainnya adalah, kita bisa melihat beberapa budidaya jamur langsung di tempat itu.
 
Gue pesen sate jamur yang ternyata enak banget, dengan bumbu kacang malah terasa seperti sate ayam. Lebih lembut dan taste-nya unik banget. Lydia pesan jamur crispy, kalo ini wujudnya lebih mirip cumi-cumi crispy, teksturnya juga unik. Bener-bener gak berasa jamur. Kita berdua juga pesan masing-masing satu sup jamur yang seger banget, apalagi kalau masih panas ditambahin rasa pedes gitu.  Sop jamur ini isinya jamur, tomat, wortel, brokoli dan bakso jamur. Untuk rasanya kaya sop ayam, padahal ini sop jamur dan uniknya bakso jamur ini rasanya kaya bakso ikan.







Nah, untuk minuman nih yang rada khas. Kita cobain pepaya kuning alias Carica squash. Rasanya ajaib, mungkin baru kali itu gue cobain buah ini. Lebih mirip buah pearch kalau di eropa sana. Buah Carica atau yang dikenal sebagai “pepaya gunung” adalah salah satu buah khas dari daerah Dieng dan Wonosobo. Buah ini berwarna kuning-jingga, dengan rasa agak asam dan harum yang luar biasa. Di JeJamuran, buah carica dikupas dan dipotong kecil-kecil, kemudian dicampur bersama soda putih dan sirup buah Carica. Rasanya asam segar dengan sensasi soda yang tidak terlalu kuat.

Buat yang penasaran sama JeJamuran bisa langsung cari ke :

Jl. Magelang Km 10
Jejamuran, Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, 55512.
Telp: 0274 868170
 
 
Written & Photos by Edhoy
© 2012 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

1 comment: