26 January 2013

Ayo Berkebun...

Cyberedhoy, Cipayung
26.01.13

Weekend kali ini gue meluangkan waktu untuk berkebun beresin taneman di halaman rumah. Memang sih, sejak nikah rasanya yang namanya kerjaan rumah enggak ada habisnya di kala weekend. Tapi dalam dua tahun ini baru sempet urusin tanaman. hehe...

Jenis aglaonema mendominasi warisan tanaman hias dari 'nyokap gue di rumah. Meskipun jenisnya enggak hapal, kebanyakan dari mereka sudah beranak pinak dalam satu pot hingga penuh. Jadi yang macam begini gue pisahin dan bagi-bagi ke dalam pot-pot lain yang baru gue beli. 


Minggu lalu gue udah beli pot plastik di Giant, untuk ukuran sedang bentuk kotak, merk lionstar harganya 45ribu, nah pas besoknya gue iseng ke toko pot deket rumah, ternyata cuma 35rb. Wah, rugi 20ribu gue, untung cuma beli dua. Sisanya gue melengkapi persenjataan di toko pot deket rumah aja. Sekalian beli dudukan pot, tempat pot dari besi model tangga lebar 1 meter dan beberapa pot kotak lagi.


Dari hasil browsing, ternyata pot plastik konon bisa menjaga kelembapan media, ini dikarenakan pori-pori pot plastik sangat rapat. Repoting juga sangat mudah, akar tanaman akan lebih mudah dilepas. Untuk hasil yang lebih maksimal gue nambahin sedikit styrofoam untuk bagian bawah pot supaya ada sirkulasi udara dan dapat menjaga lubang aerasi supaya tidak tersumbat.

Salah satu tamanan yang ada di rumah itu jenisnya dendrodeum, tapi masih belum berbunga. Jadi bentuknya ya masih begini :


Paling enggak sih, dari menghijaukan rumah kita jadi berasa dekat dengan alam. Meskipun di sekitar rumah juga masih hijau. Lumayan lah bisa nambah kesejukan, mengurangi pemanasan global ;)


 
Written & Photos by Edhoy
© 2013 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment