18 January 2013

Jakarta Banjir Lagi

Cyberedhoy, J-Town
17.01.13

Ini pengalaman ajaib gue ketiga saat Jakarta dilanda banjir. Tahun 2004, gue pernah alami Jakarta banjir  di Cempaka Putih. Waktu itu gue bertiga sama temen jam 2 malam lewat depan Cempaka Mas di jalur lambat karena udah sepi tapi hujan masih ga berenti-berenti, jadilah mobil gue waktu itu yang udah ceper makin sukses terendem sampe di atas kap mesin dan air masuk kabin sebatas mata kaki. Beruntungnya mesin enggak mati dan sukses sampe tol by pass, berhenti bentar buat keluarin air. Butuh sebulan buat keringin karpet dalem dan ilangin bau gak enak akibat itu.


Tahun 2007, kalau enggak salah waktu itu hari Sabtu, dan gue ada interview di salah satu gedung perusahaan minyak di Sudirman arah Blok M. Gue inget karena mereka bela-belain sediain waktu hari Sabtu kerena gue bisanya weekend. So, tanggung jawab lah gue. Berangkat jam 6 pagi, hujan gede banget, macet di tol Taman Mini aja udah sejam, terus lihat motor pada masuk tol. Singkat cerita gue bisa sampe Sudirman jam sembila pagi itu. Dan pulangnya, macet di tol dalam kota tujuh jam akibat terowongan Cawang arah Taman Mini terendam banjir dan gak bisa dilalui. Gue puter balik di by pass akhirnya. 


Awal tahun 2013 ini, kejadian jadi saksi mata ganasnya banjir Jakarta terulang lagi. Sudah niat berangkat kerja seperti biasa berangkat dari rumah jam 5:45an pagi. Suasana enggak enak udah terasa di jalan Gempol, tumben macet panjang sampe ujung arteri JORR Taman Mini. Akhirnya gue belok kanan lewat Bambu Apus dan masuk tol JORR ambil arah tol Dalam Kota.

Jreng, jreng...dari tol Taman Mini ke Gerbang tol Cililitan dua jam. Gue WhatsApp-an sama temen-temen kantor dan boss gue. Kesimpulan-nya, akibat hujan dan macet berkepanjangan, mereka puter balik ke rumah karena macet gila-gilaan gak ada akses ke kantor. Gue pantau radio El Shinta, tepat jam sembilan, posisi gue sudah di Pedati By Pass, tol enggak bergerak arah Utara, apalagi arah Pancoran tadi. Akhirnya gue puter balik keluar Jatinegara, langsung pulang lancar banget. Boss gue pun sempet bales WhatsApp yang isinnya tipical ke temen-temen gue juga : "keep safe, if not possible to come to office, stay at home..." Beberapa menit setelah itu, info dari radio, arah balik pun macet karena banjir mulai merata.


Sampe rumah seharian gue yakin banyak orang Jakarta pada nonton TV pantau banjir, headline news, news flash, wawancara atau apalah, semuanya tema "banjir".  Dari pantauan di internet juga beberapa hari sesudahnya banyak foto unik tentang banjir beredar. Memang sih Jakarta penuh cerita kalau soal ini. Seakan udah jadi urban legend, kisah horor tentang banjir yang akhirnya pada saling menyalahkan tapi enggak belajar dan rembuk solusi tentang itu.

Galeri Jakarta Terendam tahun 2013 ini gue kasih di tulisan terpisah, begitu juga dengan resume bagaimana solusi / wacana untuk mengatasi banjir ini. Cekidot...


Written & Photos by Edhoy
© 2013 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment