07 August 2013

Koleksi Kaset Jadul

Cyberedhoy, Cipayung
06.08.13

Hari ini gue punya waktu luang (mumpung libur Lebaran) untuk beres-beres rumah. Terutama kamar depan yang didedikasikan buat museum collectibles. Nah, kali ini gue beresin lemari kaset. FYI, dulu itu gue rajin tiap kali beli kaset, VCD, CD, DVD selalu gue kasih nomer dan tanggal belinya. Tapi kebiasaan itu berhenti setelah tahun 2007 mulai terkontaminasi sama CD/VCD/DVD bajakan dan menghilangnya kaset dari pasaran.

Kaset pertama yang gue beli tuh 'the best of Duran Duran keluaran 1985', tapi gue belinya pas 5 tahun kemudian sewaktu SMP tahun 90an. Dulu masih seharga Rp 2500, tapi pas menjelang kelas 2 SMP harga kaset udah 4500 - 6000 rupiah tuh. Sedangkan udang jajan gue Rp 1500 per hari. So, untungnya jaman doeloe gak banyak tukang jajanan dan mall kayak sekarang tuh. Jadi ya duit segitu masih bisa buat beli kaset lah.

Sampai tahun 2006, gue selalu bikin statistik pembelanjaan kaset itu, dan semua tersusun rapi di lemari kaca. Berikut statistik yang berhenti di update sampai tahun itu :


Kenapa kok statistik-nya berhenti di tahun 2006? Yup, setelah itu gue males input data CD/DVD apa aja yang gue beli sampai sekarang. Fenomena ini juga berimbas ke perusahaan rekaman. Data dari ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia) yang dimuat di Kompas 7 Desember 2008 memberi kabar kalau jumlah rekaman fisik album musik di Indonesia menurun sangat drastis dalam 10 tahun terakhir. Tahun 1997 jumlah album rekaman masih berjumlah 90 juta unit. Jumlah ini terus menurun menjadi 24 juta di tahun 2006, 19 juta di tahun 2007 dan di tahun 2008 sisa 11 juta.




Kemarin itu sih untuk kaset aja gue masukin ke kotak plastik ukuran 45x65x40 cm dapat dua box penuh. Koleksi terbanyak masih dipegang Metallica, gue punya semua albumnya kecuali yang Dead Magnetic. Untuk DVD jelas lengkap karena punya yang boxset isi 8 DVD, bukan album lho tapi kumpulan DVD Video Clip, Live in Concert, Live Orchestra, Discography & History. Jadi untuk Metallica masih happening banget antara gue SMP dan SMA itu. Meski makin kesini musiknya udah gak karuan, makanya gue males beli album terakhir itu.


Masa gila-gilanya koleksi itu ya pas kuliah dan awal-awal kerja dulu, toko favorit yang happening pada waktu itu sih Aquarius Mahakam di Blok M dan Duta Suara yang di Sabang. Nah, dulu nih di seberang Duta Suara Sabang juga ada toko kaset (gue lupa namanya), di sana tuh jual kaset yang jarang-jarang ada di toko lain. Sama di Kalibata Mall juga ada toko kaset yang jual kaset kompilasi new entry gitu yang baru release di radio dan blom resmi masuk ke sini. Tapi semua toko kaset itu sekarang udah menghilang, tinggal Aquarius dan Duta Suara yang bertahan. Kalau jaman sekarang ada Music Plus juga kali yah di Sarinah dan Mall yang lumayan lengkap tuh.

Dari sekian banyak koleksi mungkin musik cadas masih jadi pilihan terbanyak, selain Metallica, gue punya album lengkap Bon Jovi, Def Leppard, Van Halen, Oasis sampai Radio Head. Untuk album MTV Unplugged gue juga punya lumayan lengkap, mulai dari trilogy album kompilasi, Nirvana, Korn, Alanis Morrissette, Bon Jovi sampai Mr. Big juga ada. Kalau dihitung-hitung nih sampai saat ini mungkin sudah jadi 3000an keping koleksi yang original lho yah...blom termasuk yang bajakan. hehe...

Selera musik gue berhenti sampai jaman Linkin Park. Setelah itu enggak ada group musik baru yang bisa memuaskan keinginan gue untuk masuk deretan dikoleksi. Terbukti sekarang-sekarang aja gue cuma beli CD/DVD artist yang emang udah gue tau masa jayanya dulu. Album versi kaset terakhir yang gue pernah beli adalah Grammy Nominies tahun 2007 dan harga kaset saat itu sudah 22ribuan, setelah itu hilang dan kaset digantikan CD. lucunya lebih banyak laku yang bajakan pula lagi. Hehe...


Written & Photos by Edhoy
© 2013 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

7 comments:

  1. ada yg dijual kasetnya ?

    ReplyDelete
  2. so far sih belum ada, emang minat kaset apa ya?

    ReplyDelete
  3. Kalo ada yg mau dijual saya maunya yg metallica aja mas hehe

    ReplyDelete
  4. wah, Metallica koleksi masterpiece tuh, kaset sampai single2nya ada. tapi gak dijual ah...susah cari bentuk fisiknya lagi :)

    ReplyDelete
  5. Wah mantap nih koleksi nya.sy jg penggemar musik slow rock gan. Btw Guns N' Roses kok gak keliatan?

    ReplyDelete
  6. Mas Edhoy untuk koleksi kasetnya masih berlanjutkah? klo berkenan boleh saya minta no contacnya? boleh di kirim via email mas. Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. ini email saya mas aingaris02@gmail.com, terimakasih

    ReplyDelete