07 August 2013

Mudik Lebaran

Cyberedhoy, J-Town
07.08.13

Mudik? Apa sih definisi yang loe tau? Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, mudik (verb/kata kerja) : 1. 1 (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): me·mu·dik v berlayar mudik
me·mu·dik·kan v menjalankan (perahu dsb) ke arah hulu
pe·mu·dik n orang yg pulang ke kampung halaman (udik)
se·mu·dik n satu arah ke udik; pb tidak dibawa orang bergaul (tersisih) dl masyarakat krn suatu sebab atau krn tingkah lakunya tidak disetujui masyarakat

Nah lho...repot kan? Mudik, istilah populernya pulang kampung.


Tradisi mudik menjelang perayaan Idul Fitri memang sudah menjadi kultur atau budaya negara kita hingga bisa dibilang “mudik kultural”. Mudik sebagai fenomena kultural yang mungkin hanya satu-satunya di penjuru dunia. Fenomena ini sangat menyita banyak perhatian dari seluruh kalangan; pemerintah, ekonom, sosiolog, hingga aparat kepolisian sehingga harus mengawal arus mudik dan arus balik dari komunitas pemudik pengguna sepeda motor. 

Trend saat ini hampir semua perusahaan berlomba untuk memberikan service dan kemudahan bagi para pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Posko-posko gratis, mudik bersama, dan kegiatan lainnya (yang merupakan kegiatan CSR) merupakan beberapa cara yang dilakukkan untuk mengangkat citra perusahaan mereka. 

Ternyata mudik tersebut memberikan banyak efek positif bagi semua pihak atau kalangan. Sekarang yang perlu diwaspadai adalah “hati-hati” dalam melakukan mudik. Semoga mudik tahun ini arus kemacetan, tingkat kecelakaan, tingkat kematian dan tingkat kriminalitas berkurang. Dan semua yang berpergian dapat kembali ke rumahnya dengan selamat tanpa kekurangan satu apapun dan dapat kembali beraktifitas seperti hari-hari biasanya. 



Berikut tips mudik dari beberapa pengalaman tetangga :

  • Jika menggunakan Pesawat Terbang atau Kapal Laut, usahakan jangan turun ditengah perjalanan.
  • Jika menggunakan Bus, pastikan wujudnya Panjang, Rodanya Besar dan Banyak Jendelanya, Jika tidak, boleh jadi itu cuman Odong2...
  • Hati2 terhadap Penumpang yang Berbaik Hati menawarkan Minuman-Makanan. Usahakan minta "Mentahnya" aja deh biar amaaan.
  • Hindari Membawa Barang yang tidak perlu seperti Tangga-Lemari es-TV-Kasur-Sofa, Bantal (buat dituker di hotel), dll.
  • Bawa bajunya jagan banyak2 karena ini mudik, bukan minggat..! - kalau kurang beli di kampung, sekalian oleh-oleh...
  • Kalau mudik naik bajaj, usahakan pakai ear plug and masker oxigen... ;p

Sorry...tadi tips gak bener tuh, sekarang serius nih...ciiuusss deh....
  1. Daftar barang bawaan
    Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.
  2. Cek kondisi kendaraan
    Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan Anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan Anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh. 
  3. Cek perlengkapan kendaraan
    Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.
  4. Bawalah sparepart cadangan
    Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda.
  5. Kotak P3K
    Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.
  6. Hiburan
    Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur Anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.
  7. Peta
    Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah informasi di mana Anda bisa mendapatkan peta itu. Biasanya, peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan.
  8. Layanan gratis otomotif
    Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.
  9. Baterai dan pulsa
    Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.
  10. Kondisi tubuh
    Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.

    source : Tips Mudik Aman dan Nyaman

Download Peta Mudik 2013 :
Peta Mudik 2013 Jawa Bali (File PDF)
Peta Mudik 2013 Sumatera (File PDF)



Written by Edhoy, photos : Internet
© 2013 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment