13 October 2013

Kuliner Solo

Cyberedhoy, Solo
13.10.13

Lokasi kuliner kita hari pertama diawali pas sehabis checkin di Rumah Turi, terus kita jalan kaki dari Hotel ke Stasiun Balapan. Lanjut ke Pasar Klewer, House of Danar Hadi, Museum Batik dan balik lagi ke hotel jalan kaki. Berikut sasaran kuliner kita pas di Solo....


Breakfast at Vien's - Sup Matahari 


Apa itu sup matahari? Lydia cobain Sup itu dengan kuah gurih-segar, irisan kentang, beberapa potong kacang panjang, wortel, telur,dan daging cacah dibandrol dengan 7500 rupiah saja. Kalau gue sih cobain Selat Iga. Ini sih cocok untuk traveller yang kangen asian restaurant dan cari spot untuk breakfast.

Lokasinya di :


Jl. Hasanudin No. 99 D&E (Banjarsari), Surakarta, Jawa Tengah




Nah, di sebelah Vien itu ada yang jual serabi khas Solo juga. Lumayan lah sambil 'ngemil naik becak dari Stasiun Balapan ke Pasar Klewer. hehe...



Lunch at Soga, Dana Hadi Batik Museum


Siangnya abis dari Pasar Klewer kita mampir ke The House of Danar Hadi, sampe pusing 'ngubek-ngubek batik yang bagus-bagus disana. Habis itu baru kita pindah posisi naik taxi ke Danar Hadi Museum. Nah, baru deh gue makan siang di Resto-nya, namanya Soga. Resto itu adanya di sisi kanan Museum Batik. Nuansanya sih jadoel, kayak bentuk rumah jaman Kolonial, Sentuhan seni yang detail dengan  gaya maupun ornamen interior & eksterior yang bikin betah makan.

Eniwei, makan di sini sih lumayan buat menguras duit kok, karena menunya lengkap mula dari menu tradisional sampai modern seperti varian Appetizer & Salad, aneka Colonial Pasta, Grilled & Dessert, kuliner bercitarasa Indonesian Food, Soup dan ragam Coffee Break Menu yang gurih dan legit khas Jawa.Makanya gue cobain Iga Bakar aja yang ternyata cuma sepotong.

Oh ya, ini alamatnya :
Jalan Slamet Riyadi No. 261, Solo 57141, Indonesia.




Afternoon Koffie at Kopi Oey
Nah, sorenya nih sepulang dari Museum Danar Hadi, kita coba jalan kaki ke Hotel. Kebetulan sore itu kepingin santai-santai sambil 'ngupi-ngupi. Pas lagi seru-serunya menghindari becak yang mepet ke trotoar jalannya karena agak macet, mata tertuju ke salah satu kedai Kopi Oey punya om Bondan yang wisata kuliner itu lho. Tempatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan No.35 (depan Tune Hotel).


Interior kedai ini didominasi iklan tempoe doeloe, disini enggak melulu soal kopi sih. Ada beragam menu yang ditawarkan berasal dari berbagai daerah seperti sego ireng, nasi tim Glodog, wedang uwuh Imogiri sampai dengan es jeruk kitna soda asal Medan. Selain menu daerah, ada juga menu barat seperti french toast. Kopitiam Oey juga menyajikan menu populer asal kota Solo seperti pecel Bu Tris yang dulu terletak di bandara lama Adisumarmo atau tengkleng Bu Edi. Harga yang dibandrol untuk makanan disini juga cukup kompetitif antara Rp 5000,- sampai dengan Rp. 22.000,- . 

Oh ya, disini gue cobain avocado koffie sama roti bakar srikaya. Mak nyuzzz....



'ngemil Sore at mpek-mpek Ny Kamto

Solo ini enggak cuma banyak makanan khas Jawa, tapi kuliner da ri Palembang pun ada disini. Dan resto ini cuma ada di Yogya dan Solo, namanya sih Jawa Banget, Ny Kamto. Tapi sangat terkenal karena empek-empek ini dibuat oleh orang asli Palembang. Di sana kita akan ditawari pelayan berbagai menu andalan mereka, yaitu kapal selam di-isi berisi telur ayam di dalamnya, rasanya Palembang banget...

Konon, Pempek Ny. Kamto merupakan pempek asli 10 Ulu Palembang, sudah berdiri sejak tahun 1984-an dan hingga kini tetap melestarikan warisan budaya kota Palembang tempat kelahirannya. Dengan resep warisan keluarga yang secara turun-temurun memberikan rasa yang berbeda dari pempek lainnya dan kenikmatan kepada para penikmatnya.

Lokasinya enggak jauh dari Paragon Mall, bisa ditempuh jalan kaki dari tempat kita menginap. Tepatnya di Jl. Yosodipuro No.133), Surakarta.




Day-2, 'nge-Bakso at Alex Bakso


Hari pertama kita di Solo enggak kebagian Bakso Alex karena sudah habis pas sorenya. Nah, hari kedua baru bisa nih. Bakso Alex yang terkenal dengan bakso uratnya menyediakan bakso halus. Gue pesan bakso komplit yang terdiri dari bakso urat, bakso halus, mie, soun, pangsit goreng, irisan seledri dan taburan bawang merah goreng. Meskipun isiannya sama seperti bakso pada umumnya, tentu saja soal rasa yang membedakannya. Kuahnya bening dan rasa kaldunya cukup kuat, baksonya cukup lembut dengan daging giling yang cukup banyak di dalamnya, sehingga daging baksonya yang dominan. Sedangkan untuk masalah harga, semangkuk bakso dibandrol dengan harga 8.500 rupiah.

Karena dukungan tempat, rasa dan harganya yang terjangkau, tak heran kalau Bakso Alex selalu ramai pengunjung. Dengan dibantu ±30 karyawannya, dalam sehari konon bisa menghabiskan 50 kg daging sapi. Lokasi bisa dicari di Jl. Gajah Mada No. 62.


Serabi Notosuman


Nah, kalau soal cemilan khas Solo mungkin Serabi ini bisa mewakili. Serabi notosuman yang tak kalah melegenda dibanding serabi asal Bandung. Di Jalan Mohammad Yamin No 28, Solo. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1920-an. Tapi jangan salah, disepanjang jalan ini juga banyak yang jual serabi dengan berbagai merk. So, cobain aja satu-satu kalau penasaran meskipun bahan bakunya sama tapi kan cara membuat mempengaruhi rasa. hahaha...sok tau nih :)

Oh ya, terus apa bedanya dengan serabi lain? Dibanding dengan serabi Bandung. Serabi Solo cenderung tipis dan lembut. Rasa santannya terasa kuat di mulut. Kita bisa melihat proses pembuatan serabi yang lezat. Bahan membuat serabi ini cukup mudah. Hanya menggunakan tepung beras dan santan yang diaduk menjadi adonan kue serabi. Kemudian, adonan tersebut dimasak di atas cetakan bulat kecil menggunakan tungku. Aroma kue tercium wangi luar biasa menggoda mulut untuk segera menyantap. Nyam!

Ada 2 varian rasa kue serabi yang lezat, Anda bisa mencoba kue serabi coklat dan polos. Keduanya sama-sama enak jika disantap. Ketika mencoba kue ini, rasanya begitu legit dan manis. Kue serabinya begitu menggoyang lidah, dijamin tak puas kalau hanya mencicipinya satu kali. Cocok buat oleh-oleh atau ganjel perut deh. hehe...



Written & Photos by Edhoy
© 2013 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

1 comment:

  1. Mau tau TOP 40 REKOMENDASI KULINER KOTA SOLO? Yuk cek sekarang!! » http://bit.ly/1AZC7ef #Kuliner

    ReplyDelete