12 October 2013

Pasar Batik Klewer

Cyberedhoy, Solo
12.10.13

Selepas istirahat sebentar di Rumah Turi, kita jalan kaki nih ke Stasiun Solo Balapan untuk beli tiket kereta ke Yogya buat besoknya. Ternyata udah panas-panasan jalan ke sana, eh ternyata enggak bisa beli tiket H-1, jadi harus go show. Tiket buka jam 4 subuh karena kita mau pakai kereta pertama ke Yogya. Jadi ya batal deh beli tiket, dan kita enggak jadi ke Yogya.


Dari Stasiun Solo Balapan, kita naik becak ke Pasar Klewe. Lumayan jauh sih genjot becak siang-siang begitu, ongkosnya 15ribu rupiah saja.  Pasar Klewer itu pasar batik tradisional yang menjadi salah satu pusat perdagangan batik di Indonesia. Isinya batik semua, variasi lah...kalau dilihat nih, dibandingkan dengan harga di Jakarta pastinya lebih murah disini. Karena reseller biasanya ambil dari sini. Makanya itu yang beli kebanyakan orang diluar Solo.


Nah, di pasar ini gue cuma beli blangkon aja sih, hahaha....luamayan lah buat nahan panas jalan-jalan di Solo yang emang panasnya luar biasa kalau siang-siang gitu. hehe...

Sebagai pasar batik terbesar di Indonesia, Pasar Klewer sangat sayang jika dilewatkan, terutama bagi pecinta wisata belanja. Mulai dari batik cap kain katun seharga belasan ribu, hingga batik tulis sutra seharga jutaan rupiah tersedia disini. 

Beraneka ragam dagangan yang ditawarkan di Pasar Slompretan (nama aseli ini pasar lho), salah satunya yaitu pedagang yang menawarkan kain tekstil yang berjenis batik. Pedagang-pedagang tekstil batik ini menawarkan dagangannya dengan cara di taruh pundak, yang menyebabkan dagangannya tampak berkleweran. Karena itu, semakin banyaknya para pedagang-pedagang ini yang berlalu lalang, akhirnya Pasar Slompretan lebih populer dengan sebutan Pasar Klewer.

Buat yang enggak biasa keluyuran di pasar pasti pada bete deh (maklum orang kota metropolitan). Tapi jangan 'nyerah dulu, di depan ataupun samping pasar banyak warung makanan siap menjadi tempat melepas lelah sekaligus mencicipi aneka makanan khas Solo. Nasi pecel, nasi liwet, tengkleng, timlo, es dawet, es gempol dan berbagai jenis makanan dan minuman lainnya siap saji.



Written & Photos by Edhoy
© 2013 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment