25 December 2013

About coWorkers

Cyberedhoy, Cipayung
24.12.13

Masih seputar kantor yang baru saja gue lewati minggu kemarin, kali ini gue mau nulis testimoni tentang teman seperjuangan di sana. Observasi selama 16 bulan dan 14 hari, sebenernya waktu yang pendek untuk berkarir di suatu perusahaan yang sudah membuat kita bisa berkembang dalam pengetahuan dan pembelajaran. Sedikit banyak mengenal orang-orang yang bekerja satu department sama gue di PTSI ini. Berikut urutan orang-orang yang pernah jadi satu tim di HSES :

Jejes
Cewek manis ini termasuk banyak yang fans-nya di PTSI, mudah bergaul dan suka (gak sengaja) salah kalau 'ngomong, mungkin jadi ciri dara yang satu ini buat narik perhatian. Pertama kali gue temuin di kantor sewaktu dia disuruh pak Nyoman kasih soal ujian sewaktu gue test di sana 17 bulan lalu. hehe...kesan pertama gue waktu itu, boleh nih departmen punya cewek cantik yang concern dengan Sustainability, pasti betah lah kerja di sini. hihihhi...dan gue ambil deh offering kerja disana ;p

Nie
Cowok gempal ini duduk tepat di belakang gue sewaktu kita di kantor lama di Setia Budi, masuknya sih gak jauh beda sama gue. Beda sebulan lebih dulu dia. Orangnya perfeksionis, pinter dan pandai bergaul juga sebagai seorang proffesional yang memegang kekuasaan HSE Management System di Jakarta office. Makanya gak heran kalau sempat jadi trending topic di kantor.

LTKO,
Orang ini gue pikir dulunya seorang lead, karena paling senior di kantor. Ternyata setelah seminggu join di sana gue baru tau dari curhatan dia kalau ternyata dia meniti karir di PTSI dari bawah dan kecemplung di HSE karena sesuatu dan lain hal. Pokoke termasuk keras jalan hidupnya di sini, terakhir bahkan di lempar untuk support project di Vietnam dan China. Dia termasuk personil paling disegani di kantor, siapa yang gak kenal dia berarti kagak gaul...terbukti tahun ini dapet piagam penghargaan 10 years of services to the company. uhuuuyy...

mpok Fite,
Senenernya gue tau dia dari jaman di kampus dulu, karena Fite ini adiknya temen seangkatan gue di kampus. Termasuk salah satu rising star di kantor karena concern sama lingkungan yang emang sudah jadi role dia sebagai Environmental Engineer, dan terakhir jadi lead untuk salah satu FEED project. Sayang, kita cuma sempet sekantor 14 bulan, karena dia resign duluan pindah ke oil company lain.

AC,
Hmmm...gak usah di komentarin lah, you know better lah...cuma kerja bareng enam bulan pertama, abis itu dia resign :)

dr Johnie,
Salah satu dokter company yang selesih gabungnya dua minggu etelah gue ini syarat pengalaman di project, health management system dan bedah-membedah. Hobby-nya cukup labil, mulai dari ikutan hunting die cast, standup comedy tengah malam, kuliner, sampai iseng 'ngerjain orang. Pokoke seru lah temenan sama beliau, meskipun dari segi umur paling senior, tapi kelakuan tetep sama aja juniornya. Terutama dalam hal mengambil kesempitan dalam kesempatan.

Jean,
Asisten dokter, tapi gak lama juga di hi-jack pindah ke oil company lain...dulu sih orangnya agak pendiem, pemalu, tapi jangan salah kalau ternyata juga garang di panggung (meskipun acting). Seru juga terutama kalau tim cewek-cewek gabung buat jadi foto model di acara fotografi kantor. hehe...

pak Ahmed,
Salah satu yang paling senior dari segi umur dan pengalaman lapangan. Gue baru sempet ketemu beliau setelah dua bulan kerja di PTSI karena dia sedang mission ke Papua New Guinea waktu itu. Terus kita gabung satu tim di tahun ini 'ngawal project T&I untuk di Kalimantan Strait.

masKAS,
Cowok cool satu ini gabung dua bulan setelah gue masuk, tergolong gak banyak 'ngomong kalo gak ditanya, dan tergolong banyak cerita kalau dia tau. Kesan serius pastilah, tapi jangan salah kalau dari kalimat-kalimatnya bisa jebak lawan bicara. Salah satu yang paling dia sering lakukan adalah pada saat makan siang, bayar di kasir pasti nasinya gak dihitung.

boss Ang,
Doi ini boss baru saat masa transisi departmen kita pisah dengan Quality sejak awal tahun 2013, berusaha keras mewujudkan cita-cita menaikkan pamor HSE, ingin departmen kita lebih eksis dan dikenal departmen lain dalam role yang baru lebih ke design engineering. Salah satunya dengan terobosan program-program LiHS untuk semua karyawan dan memperkenalkan aktivitas HSE kepada anak-anak Young Graduate. Juga internal training dari kita untuk kita tentang proses safety dan peran HSE in Design.

Gaby,
Muncul di masa transisi pindah kantor menggantikan Jean. Awalnya sih ini cewek pemalu atau takut bergaul sama kita-kita yang galak dan suka jahil. Tapi pas sudah lama kenal, ternyata malah dia yang jahil. Role utama kerja sih sebagai nurse, atau asisten dokter. Meskipun ternyata kerjaannya gak jauh beda sama sekretaris. hehe...ABS aja lah :)

MD,
Nama ini identik dengan orang nomer satu di company. Tapi loe salah...mas Dwi ini adalah satu-satunya pegawai lokal yang di-expatriat-kan. Meskipun wajahnya sangat 'ndeso, tapi tutur katanya sangat go international. Layak dijadikan panutan karena prinsip hidupnya yang keras. Meski kadang doi suka mengeluh terlalu banyak dimanfaatkan, terutama dalam hal pencitraan dalam masa transisi fungsi dari departmen kita ini. Tampil sangat percaya diri dan inspiratif adalah ciri khasnya, sangat supeerr....meskipun selama tiga bulan pertama dia bergabung telah melalui serangkaian ujian fit 'n proper test biar di approve gabung di group whatsup kita, sangat sabar...dan tiga bulan terakhir juga hanya dengan melihat warna rambutnya aja orang sudah tau bagian mana yang di-expatriat-kan, sangat ironis...hehe...

Yos,
Anak baru lulus salah satu perguruan tinggi di Melbourne yang kalau ke kantor lebih seneng pake sendal, sampai saat ini pun masih enggak 'ngeti kenapa nyasar ke HSE dan mesti 'ngapain kalau gak tanya-tanya ke seniornya. Tetap semangat lah...

Dora,
Hmmm, nama aselinya gue lupa. Kalau gak salah adniL..kenapa kok gue sebut Dora? Yup, karena kalau ke kantor identik dengan tas gemblok yang entah apa isinya, kadang rantang bekal makan siang dari sang mami, atau setumpuk tagihan abang ojeg langganan yang bisa dia suruh-suruh seenaknya. Biasa untuk anter jemput lah, ambil tas koper lah, atau disuruh ambil koleksi sepatu yang dia tumpuk di kolong mejanya. Persis kayak Dora sang explorer lengkap dengan rambut poni dan peralatan menjelajah dengan bantuan ojeg.

pak Erwin,
Ini temen seperjuangan pak Ahmed di sini, dedikasi sekitar 10an tahun, ternyata juga temen SD tante gue. Malah kenal keluarga 'nyokap gue karena dulunya mereka tetanggaan. Artinya, pas gue balita dan tinggal di rumah nenek/kakek dulu, ini pak Erwin udah segede Doel (anaknya Ahmad Dhani). Yup, meskipun sempet sekantor tiga bulanan, akhirnya dia resign sebulan lebih cepet dari gue. 'nyolong start nih yee....

Krisna,
Pertama ketemu di SIKB sewaktu tim project gue visit ke sana dan dia yang induction. Dua minggu sebelum gue resign, dia gabung di Jakarta office. Dipersiapankan untuk melanjutkan implementasi Training Protocol yang sudah gue siapin untuk beberapa tahun ke depan. Selamat berpusing ria...

Renata,
Salah satu young graduate yang baru gabung tiga minggu sebelum gue resign, dan dia menyatakan siap terjerumus lebih dalam di HSE departmen. Saat perpisahan kemarin sih dia gak masuk, lagi sakit. Moga-moga bukan awal yang buruk akibat pressure kerjaan yang (bakalan) berlebihan.
Goodluck everyone...sayonara...ciao ciao...


Written & Photos by Edhoy
© 2013 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment