18 January 2014

Bandung Totally Die Cast

Cyberedhoy, Bandung
18.01.14


Weekend kali ini sebenernya enggak ada rencana buat beli Die Cast karena keuangan lagi seret nih. Tapi gara-gara window shopping alias lihat-liat doang (sambil 'ngences) pas 'nyasar di Toys Kingdom di salah satu Mall yang gue sendiri lupa namanya. Pokoke gak jauh dari BSM yang ada Ace Hardware-nya itu lho...btw, bagian ini 'gak penting. Langsung aja to the point boss...

Pas di Toys Kingdom itu ada orang yang ternyata langsung nebak kalau gue suka koleksi Die Cast juga. Nah, dari situ lah obrolan berlanjut sampai gue minta petunjuk dimana sih pusat kolektor diecast yang lengkap di Bandung? Dan dia kasih tau nama jalannya, Astana Anyar. Lurus ada dari jalan Gatsu, terus ke Asia Afrika dan perempatan pertama setelah Alun-alun belok kiri. Ada namanya di plang jalan kok. 

Nah, dengan modal info minim dan bantuan mbah Google serta navigator Waze, singkat cerita 24 jam kemudian (alias sehari setelah itu) gue berhasil nemu jalan itu. Dari obrolan anak-anak diecast Bandung, itu toko ada setelah toko emas Lo Khiong, tepatnya di pojokkan perempatan JL. Astana Anyar No. 157, Cibadak, Astanaanyar. Nama tokonya ternyata "Rejeki Jaya Toys".

 

Bangunan toko ini sih klasik banget, mungkin salah satu bangunan peninggal Belanda. Kalau dari jauh sih loe gak bakal kira ini salah satu toko mainan legendaris. Dari beberapa toko mainan di sekitarnya yang gue survey, kebanyakan mereka hanya jual mainan plastik dari China. Tapi di toko ini, die cast cars koleksinya tergolong luar biasa, murah dan gak kalah sama koleksi di STC sekalipun. Mulai dari merk TOMICA, Hotwheels, Siku, Cararama, Maisto, JL dan merk lainnya.


Kebetulan pas gue ke sana ada si empu-nya, namanya Koh Jefry. Tadinya gue iseng nanya-nanya mobil yang dia costum bikin sendiri. Karena dari luar gue lihat ada diecast costum double cabin mobilnya PLN dan patwal Polri. Ternyata di dalam juga ada diorama yang nampilin mobil-mobil costum yang biasa kita lihat di jalanan. Mulai mobil box Tiki, Carefour, patwal polisi, dll.

Gue tertarik untuk koleksi itu semua, tapi ternyata enggak dijual cuma display. Berhubung akhirnya dia tau kalau gue koleksi juga, akhirnya di lepas deh tuh mobil box Tiki dan Patwal Polri skala 1:64 keluaran Tomica. Harganya sangat-sangat miring untuk ukuran karya anak bangsa. hehe...


Mobil sedan Patwal itu aselinya ambil bodi dari Mitsubishi Lancer Evo X - British Police Type, keluaran Tomica dengan nomer seri 39. Nah, kalau mobil box Tiki itu aslinya Mitsubishi Canter Sakai Moving Service, keluaran Tomica nomer 29. Selain itu gue beli juga Safety Car BMW M5 skala 1:18, versi Official Safety Car of MotoGP. Ada juga sih Safety Car dua versi ukuran 1:64, salah satu limited edition dari Tomica juga.

Nah, disana lama-lama belum berani gue, maklum kali ini emang mesti nahan diri buat hunting lagi. Yah, paling enggak kalau ke Bandung ada tujuan lah. Thanks to diecast lover Bandung yang sudah kasih info di sini.



Written & Photos by mazEdhoy
© 2014 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

3 comments:

  1. waah tq reviewnya.cari kesana kemari tempat jual die cast, ternyata ada ditoko itu toh, toko yang setiap pulang kerja daku lewatin. hahhahaha. gajah dipelupuk mata ga keliatan

    ReplyDelete
  2. Trims infonya. Minggu lalu akhirnya antar anak yg juga kolektor tomica, beli mitsubishi grandis, livina, custom patwal, kartu as, pos indonesia, bank mega n ths/auto 2000

    ReplyDelete
  3. Kalo di jakarta dan sekitarnya kira2 yang terlengkap dimana ya mas?, maklim masih baru nih

    ReplyDelete