10 December 2014

Training 2014

Cyberedhoy, Bali
10.12.14

Kali ini gw berkesempatan ikutan training NEBOSH IGC (International General Certificate) selama dua minggu di Kuta Heritage Hotel. Training ini dibagi jadi tiga bagian: IGC-1 untuk Fundamental Occupational Health & Safety, yang isinya banyak tentang Management System; IGC-2 tentang Control of Hazard in the Workplace, dalam hal ini Site Construction, atau istilah baru NEBOSH adalah Temporary Building/Temporaty Work; IGC-3 tentang laporan hasil observasi di tempat kerja yang dikumpulkan 14 hari setelah training.


Anyway, persertanya ada 14 kali ini dari berbagai perusahaan mulai dari Oil&Gas, Drilling Contractors, Marine, Security, dll. Trainer pastilah dari NEBOSH yang diimport langsung dari United Kingdom (UK). Jam belajar setiap hari dari jam 8:30 - 16:30 (kadang molor sampe jam 5 sore).

Homework, jangan ditanya, buat latihan setiap hari selalu ada PR. Jumlah soalnya juga nambah, hari pertama ada delapan soal, terus berikutnya jadi 10, 12, 14, haha...termasuk periksa hasil pre-test temen di akhir minggu pertama. Kerjain PR bisa individu atau study club. Kebetulan di sebelah hotel ada Starbuck, jadi tiap malam ada aja yang ningkrong diskusi di situ sampe jam 11 malam (waktunya Starbuck tutup untuk daerah Kuta dan sekitarnya) 


Akhir pekan, ada acara makan malam bareng di pantai Jimbaran, setelah seminggu "disiksa" dengan PR dan belajar, akhirnya ada juga waktu buat refreshing. Lumayan lah buat pengenalan dan mengetahui karakter masing2 peserta yang jarang kumpul di Starbuck. Ternyata sama aja, pada suka selfie dan kuliner. Hehe...


Metode belajarnya sih lumayan ok, gw baru sadar kalo ternyata selama sekolah tuh cara belajar gw salah, di sini kita belajar baca keyword tiap soal, menganalisa maksud pertanyaan dan diajarin gimana cara jawab yang singkat & efisien karena berpacu dengan waktu selama ujian. Point-nya, gimana lulus dengan usaha dan hasil maksimal. Ok, segitu dulu laporan dari Kuta. Mau masuk kelas dulu nih. Hehe.. 


Lanjutan...
Selain NEBOSH, ternyata tahun 2014 ini di tempat kerja gue yang baru 11 bulan ini sudah banyak dapet training juga nih. Padahal di tempat lama malah gue yang kasih training. haha...sebut aja diawali dengan beberapa training berhubungan sama HSE:
1. Emergency Management Team - ini untuk team lead & management di Jakarta office.
2. Management of Major Emergencies - ikutan nebeng team lead di operasional, Surabaya.
3. Microsoft Project
4. Metode Tumpahan Minyak (MOTUM) - untuk management oil spill response
5. Leadership - untuk middle management


Written & Photos by mazEdhoy
© 2014 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment