16 March 2015

Eiffel Tower

Cyberedhoy, Paris
16.03.15

Perjalanan hari ini tentunya gak sah kalau ga mampir ke menara yang satu ini. Sengaja nih kita ke sini menjelang sore, biar dapet suasana terang dan gelapnya. Perjalanan hari ini kalau dihitung mungkin ada kali jalan kaki sekitar 10 sampai 15 km. Seharian habis waktu buat baca peta, kesasar dan jalan ke terowongan ke terowongan Metro Paris.

And here we are...Eiffel de Torre, alias Menara Eiffel.


Menara Eiffel lokasinya pas di jantung kota Paris, tepatnya di Champ de Mars, 5 Avenue Anatole France, 75007 Paris, France. Menara ini full besi yang di bangun sejak 1889 di tepi Sungai Seine. Merupakan icon global yang jadi kebanggaan kota Paris. Sama seperti objek wisata dimanapun ya, mau naik aja antrian sudah mengular, tapi dimana-mana ada poster "beware of pick pocket" alias hati-hati banyak copet. Hampir di negara2 eropa yang terimbas resesi ekonomi banyak ya gangguan keamanan, makanya copet merajalela juga nih.



Pemandangan malam dari atas Eifel cukup menarik, hampir segala penjuru kota Paris keliatan gemerlap, mulai dari stadion bola sampai gedung-gedung mentereng. Di bagian atas Eifel ini dijual souvenir-souvenir yang sama dengan toko di bawahnya. 

Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga pendek tertutup.


Written & Photos by mazEdhoy 
© 2015 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment