15 March 2015

Manneken Pis

Cyberedhoy, Brussel
15.03.15

Brussel identik dengan patung gak jelas yang satu ini, jauh-jauh hanya antri liatin patung anak kecil kencing. Ada keterangannya sih itu kenapa sekarang dipakaikan baju, ganti-ganti pula sesuai tema. Llokasinya sekitar 10-15 menit jalan kaki dari Grand Place yang merupakan alun-alun kota yang dikelilingi oleh bangunan yang bernilai sejarah.


Pertama kali dalam sejarah, Manneken Pis, landmark dan maskot kota Brussel yang terkenal di seluruh jagad, mengenakan busana Indonesia dari daerah Lampung. Sebuah kado istimewa untuk HUT RI ke 63, HUT Deplu ke 63 dan upaya pemerintah menaikan angka pengunjung asing ke Indonesia melalui Visit Indonesia Year 2008. Peresmian pemakaian busana adat lampung pada tubuh mungil Manneken Pis itu berlangsung Senin, 18/8/2008. Ini merupakan busana ke 809.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Manneken Pis (dikenal dalam bahasa Prancis sebagai le Petit Julien). Merupakan patung air mancur kecil perunggu yang menggambarkan seorang anak kecil telanjang kencing ke dalam baskom air mancur. Patuh ini dirancang oleh Hieronymus Duquesnoy pada tahun tahun 1618 – 1.619.

Patung asli Manneken Pis ada di kota Brussel dan menjadi Ikon yang sangat mendunia. Patung yang terletak di sudut gang, tepat di perempatan jalan sempit, di sudut pertemuan jalan Rue de l'Etuve / Stoofstraat dan Rue du Chene / Eikstraat. Sejarah dan Legenda Ada beberapa versi legenda diantaranya adalah bahwa seorang anak kecil yang hilang dari ibunya saat berbelanja di pusat kota. Wanita, panik karena kehilangan anaknya, menyerukan kepada semua orang-orang yang ditemui, termasuk Walikota Kota. Sebuah pencarian di seluruh kota dan ketika dimulai akhirnya anak itu ditemukan, dia kencing di sudut sebuah jalan kecil. Cerita itu diturunkan dari waktu ke waktu dan patung didirikan sebagi penghormatan kepada fabel / legenda terkenal. Legenda lain bercerita tentang anak muda yang terbangun oleh api dan mampu memadamkan api dengan buang air, pada akhirnya ini membantu menghentikan benteng raja dari terbakar. Dan masih banyak lagi tentang legenda tentang Manneken Pis.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Ikon kota Brussel ini sangat mendunia. Lokasinya tepat di perempatan yang jalan sempit, di sudut pertemuan jalan Rue de Chene dan Rue de l’Etuve, ada sebuah kolam kecil. Di atas kolam ada sebuah patung perunggu berbentuk anak kecil yang sedang pipis memancarg ke kolam. Patung ini cukup 61 cm saja tingginya. Mungil bukan?. Meskipun imut-imut, nama Manneken Pis sudah terkenal dan menjadi perhatian seluruh turis yang berkunjung ke Brussels.


Asal-usul manneken Piss sendiri mempunyai beberapa versi, versi pertama menceritakan seorang pedagang kaya yang dalam kunjungannya ke kota bersama keluarganya, punya anak muda yang tercinta pergi hilang. Pedagang buru-buru membentuk partai pencarian yang menjelajahi semua sudut kota sampai anak itu ditemukan dengan senang hati buang air kecil di kebun kecil. Para pedagang, sebagai hadiah terima kasih kepada penduduk setempat yang membantu keluar selama pencarian, memiliki air mancur dibangun.

Manneken Pis ( Little Man Pee in Marols, bahasa Belanda untuk pria kecil pipis), juga dikenal dalam bahasa Perancis le Petit Julien / sebagai Petit Julien, adalah landmark terkenal di Brussels. Manneken Pis adalah air mancur dengan patung perunggu berbentuk anak lelaki yang sedang pipis. Dirancang oleh Jerome Duquesnoy didirikan pada tahun 1618 atau 1619.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Manneken Pis ( Little Man Pee in Marols, bahasa Belanda untuk pria kecil pipis), juga dikenal dalam bahasa Perancis le Petit Julien / sebagai Petit Julien, adalah landmark terkenal di Brussels. Manneken Pis adalah air mancur dengan patung perunggu berbentuk anak lelaki yang sedang pipis. Dirancang oleh Jerome Duquesnoy didirikan pada tahun 1618 atau 1619. Sebuah makna budaya yang sama sebagai Kopenhagen 's Little Mermaid.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Gak lengkap memang kalau mampir Belgia enggak cobain coklatnya, karena hampir sepanjang perjalanan menuju Mannaken Pis banyak toko coklat dengan bentuk si anak kecil kencing itu. Kita sih cobain waffle, bir Belgia, coklat-coklat dan ice cream lah, sluuurrpphh....




Written & Photos by mazEdhoy
© 2015 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment