21 March 2015

Desa Menara Pisa

Cyberedhoy, Pisa Tower
21.03.15


Pagi ini kita sudah siap jalan-jalan menuju ke Menara Pisa, berangkat dari Stazione Firenze Rifredi menuju Pisa Central Station kurang lebih sejam naik kereta. Asyiknya naik kereta ini ada koneksi wifi dari semacam Bolt yang kita pinjam dari Air BnB di Firenze, haha...lumayan gratis, soalnya bayar kalo mau pakai punya kereta.




Singkat cerita kita sampai juga di stasiun kereta Pisa Central, di sebelah stasiun ada bus untuk ke arah Pisa Tower sebenarnya. Tapi berhubung sok tau, ikuti arahan mbah Google, kita pilih jalan kaki sambil menikmati pemandangan suasana kampung di sana. Jalanan di desa itu gak terlalu ramai, cenderung sepi dan sejuk. Jadi gak terasa juga kita jalan kaki kesasar sampai akhirnya sejam baru sampai menara Pisa. haha...

Menara miring Pisa (dalam Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa) atau yang biasa disebut The Tower of Pisa (La Torre di Pisa) adalah sebuah menara lonceng dari sebuah katedral di kota Pisa, Italia. Menara ini terletak di belakang katedral dan merupakan struktur ketiga di Campo dei Miracoli (keajaiban) Pisa.


Tinggi dari menara yang awalnya dibangun tahun 1173 ini adalah 55,86 km dari permukaan tanah di sisi terendah, dan 56,70 m di sisi yang tertinggi. Lebar alas bangunan itu adalah 4,09 m dan lebar puncaknya adalah 2,48 m. Berat menara ini diperkirakan 14,500 ton dan memiliki 294 anak tangga.

Konstruksi dari Menara Pisa dibangun dalam tiga tahap, yang memakan waktu sekitar 200 tahun. Konstruksi marmer putih di lantai pertama dimulai pada tanggal 9 Agustus 1173, pada masa kejayaan militer dan kemakmuran Italia. Lantai pertama ini dikelilingi oleh beberapa pilar dan walaupun posisinya miring, namun tetap tahan selama berabad-abad.
Di sini kita sih gak lama-lama, syok dengan keadaan sebenarnya yang ternyata biasa banget, di seberang menara ini memang ada tempat buat kuliner yang asyik2, jualan spuvenir juga tersebar dimana2 bahkan sampai di ujung jalan masuk (nah, ini jalan yang benar, keliatan keramaian bus dan kendaraan). Maklum, sejam jalan kaki ke sini kita lewat kampung2, sepi gak ada kendaraan. hahaha...pulangnya sih naik bus, balik ke stasiun kereta hanya 15 menit.  



Written & Photos by mazEdhoy 
© 2015 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment