20 March 2015

Juve Museum & Stadium Tour

Cyberedhoy, Turin
20.03.15

Selepas sarapan di Firenze, kita naik kereta ke Turin, desa-nya klub bola Juventus. Sebelum menuju ke sana, sambil nunggu bus, iseng lihat-lihat penjual majalan kaki lima. Ternyata di situ dijual juga action figures dan die cast. Langsung gue samber sebuah diecast Maserati lengkap dengan majalahnya yang hanya di bandrol 15 euro. Ini kalau di Jakarta bisa dijual sejuta nih, dengan aclyric dan model 1:43 yang detail, tentunya ini collector item. Lumayan buat nambahin koleksi.

Naik bus ke kampung Turin sekitar 30 menit, sampai ujung terminal kita mesti jalan kaki lagi yang menurut google earth cukup 15 menit. Bah, ternyata itu untuk langkah bule ya yang gesit. Kita yang orang asia males gerak ini cukup waktu 30 menit, jalan santai dengan langkah imut-imut. Alhasil sampai stadion sudah hampir tutup, namun berhasil dapat slot tour stadion di jam after lunch.

Masuk ke dalam Juventus Museum, kita bisa lihat memorabilia mereka mulai dari jersey dari waktu ke waktu, pemain legendaris, koleksi piala, sampai foto-foto yang gak bisa kita liat di media. Seru ya kalau melihat perjalanan klub sepak bola di negara bola. Ternyata klub sebesar Juventus adanya di kampung kecil dan sepi di belahan Italia ini. Lebih mirip klub sepak bola Kudus di Indonesia kali ya, haha...

Main ke Juventus Store yang jualan souvenir juga cukup lengkap dan menarik ya. Meskipun kalau dilihat mirip toko olah raga di mall yang ada di Jakarta ya. Hanya Jersey, sepatu dan aksesoris di sini cukup lengkap, dan hebatnya lagi "made in Indonesia" untuk Jersey yang dipakai pemain Juve sendiri. Gue sih hanya beli die cast VW Juventus di sini. Lain-lain ada di Jakarta. hehe... 

Selanjutnya kita ikutan Stadium Tour, sekitar 20 pengunjung diberi kesempatan untuk melihat secara langsung apa yang ada di Juventus Stadium ini. Ditamani dua orang guide yang ramah, kita diberikan semacam recorder penerjemah untuk beberapa bahasa (Inggris, China, Spanyol, Jepang). Di setiap ruangan kita diminta klik alat tersebut untuk mendengar penjelasannya, kurang lebih sama dengan yang di omongin guide ya. 


Untuk beberapa ruangan tidak boleh diambil fotonya, khususnya di ruang relax pemain saat jeda, di situ ada tempat massage, kolam air hangat, dan berdekatan dengan loker pemain yang exclusive banget. Kita juga masuk ke ruang nonton VIP tempat si empu-nya club nonton, langsung ke tribune utamanya. Nah, dari tribune ini kita bisa lihat ternyata di belakang bangku ada monitor kecil mirip di mobil untuk melihat liputan langsung pertandingan di bawahnya kalau kurang jelas melihat detail ke lapangan. 


Sampai bagian akhir kita ke tempat press conference di sana. Seru ya keliling stadion Juventus. Meskipun di kampung tapi sangat exclusive, bersih dan rapi. Dijamin pemain dan official gak bakalan stress, justru fun. Sepertinya klub bola kita perlu mencontoh mereka, gak hanya dituntut menang tapi juga berkualitas. Makanya Juventus langganan juara Liga Seri A Italia.

Harga masuk Juventus Museum + Stadium Tour sekitar 22 euro. 


Written & Photos by mazEdhoy 
© 2015 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved

No comments:

Post a Comment