28 July 2016

Dolphin Tour & Sunrise

Cyberedhoy, Bali
28.07.16

Hari ini kami dipaksa bangun pagi jam 4:30 saat lagi liburan (sesuatu yang sulit ya) demi mengejar lumba-lumba dan matahari terbit. Hotel kami memang menyediakan Dolphin Tour seharga 300rb untuk dua orang.

Jam 5:30 kita sudah nongkrong di Beach Bar tempat makan malam sebelumnya untuk ngupi2 dengan cemilan sepotong cookie. Tiap orang juga dapat aqua botol 600ml buat bekal di kapal.

Tepat jam 6 pagi kita naik ke kapal yang bersandar di Beach Bar untuk melayani tamu yang menginap di Lovina Resort ini. Satu perahu di isi empat orang, dan kali ini kita barengan turis dari Taiwan yang enggak bisa bahasa Inggris sama sekali. Untuk ngomong pun minta bantuan penerjemah Google Translate voice.

15 menit kemudian kami tiba di lokasi lumba-lumba nongol, sekitar 45 kapal juga ramai membawa turis. Memang terlihat sekawanan lumba-lumba berenang muncul sambil berbaris mengambil napas, maklum ikan jenis ini termasuk mamalia dan senang pamer. Dilihatin orang banyak mereka malah seneng, loncat-loncat dan berenang hanya lima meter dari perahu dan timbul tenggelam di sekitar kita. Seru ya...

Menurut kapten kapal motor kita nih, lumba-lumba terlihat banyak di pagi hari sekitar jam 6 sampai 7:15, saat matahari baru keluar dan hangat. Mungkin karena banyak perahu di sana, space mereka untuk berenang jadi terhalang. Jadi beruntung juga hari itu kita bisa lihat lumba-lumba, belum tentu muncul banyak setiap hari lho.

Sebenernya selain lihat lumba-lumba, gue cukup terhibur sama nama-nama perahu yang dipakai turis. Lucu dan suka-suka namanya, pastinya gak bayar royalti juga tuh kalo pake nama besar. Ada yang pakai nama Bung Karno, Pokemon Go, Friends Forever, Little Monster, dll.

Sejam kemudian, kita ngacir ke tempat terumbu karang sebelum perahu-perahu lain ke sana. Airnya lebih jarnih karena dangkal, mesin perahu dimatikan dan pasang jangkar. Kami terombang ambing tepat di atas terumbu karang, dengan pancingan remah-remah roti, ikan-ikan hias alami pada berdatangan. Mulai dari ikan badut (nemo/clown fish), ikan dory, ikan zebra, blue fish, dll.

Turis Taiwan satu kapal kita ini bingung mau omong apaan, pake bahasa isyarat mau snorkeling kayaknya. Berhubung dia enggak ambil paket snorkeling, jadi gak ada peralatan di kapal. Jam 8 kita sudah balik lagi ke pantai di Lovina Resort. Si Taiwan ini nambah paket snorkeling dan balik lagi ke lokasi tadi sementara kita lanjut ikutan Yoga dan jam 9 sarapan pagi di lantai atas dengan pemandangan hamparan sawah.