08 July 2016

Ziarah Yubileum Gereja KAJ


Cyberedhoy, J-Town
06.07.16
 

Hari ini kita keliling Jakarta lagi naik Vespa, kali ini untuk ziarah rohani mengunjungi sembilan Gereja yang ada di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Ziarah ke 9 gereja ini sebenarnya tidak harus dilakukan secara sekaligus dalam satu hari atau dalam waktu yang berdekatan, tetapi dilakukan secara bertahap selama Yubileum Luar Biasa Kerahiman Ilahi yang akan berakhir pada tanggal 20 November 2016.
 
Selama Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah yang penuh rahmat ini, ziarah menjadi satu rangkaian rohani utama yang dianjurkan, diharapkan umat mengarahkan batin kepada belas kasih Allah yang Maharahim dan terdorong untuk bertobat, memperbaiki diri dan peduli mengasihi sesama.
 
Ziarah dilakukan ke Gereja-gereja yang sedang berjuang akan membantu kita semakin memahami belas kasihan-Nya yang Maharahim, dan doa-doa seluruh umat akan menguatkan perjuangan mereka.
 
 
Panduan Ziarah KAJ:
  1. Tempat ziarah wajib adalah Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga – Paroki Katedral.
  2. Beberapa gereja dan paroki yang sedang berjuang antara lain: Salib Suci – Cilincing, St. Servatius – Kampung Sawah, St. Bernadet – Ciledug, St. Leo Agung – Jatibening, Ibu Teresa – Cikarang, Ratu Rosari – Jagakarsa, dan Kalvari – Lubang Buaya.
  3. Selain Gereja (Paroki) dapat juga memilih tempat lain seperti: Goa Maria Gembala Baik - Jatinegara, Wisma Samadi Klender dan Kapel-kapel yang ada di wilayah KAJ.
 
Berikut panduan lengkapnya untuk Ziarah ini...
 
 

Ziarah Kesembilan Lokasi Pilihan Kita
 
Perjalanan dimulai dari rumah jam 05:28 menuju Katedral yang jaraknya 24KM, untungnya sampai sana pas banget baru mulai Misa jam 6:00. yang dipimpin Uskup KAJ.
 
Dari Katedral, kita menuju Kapel Kanisius di Cikini, terus lanjut ke Kapel Santa Maria di Pecenongan. Jarak keduanya plus selama di sana kita selesaikan selama sejam. Dari Jakarta Pusat, kita menuju ke Jakarta Timur.
 
Selanjutnya, kita mampir ke Wisma Samadi Klender, Samadi=Santa Maria Dipamarga. Selanjutnya ke Gereka Santo Yoakim (Paroki Santa Anna) yang masih di sekitar Klender. Lumayan 'nyasar carinya, karena ternyata ada di belakang terminal Klender dan ada di komplek perumahan biasa.
 
Dari Klender, kita lanjut ke Paroki Leo Agung di Jatibening (Kalimalang), Paroki ini memiliki sejarah panjang dalam pembangunan Gereja-nya, bisa baca di sini. Kalau di lihat dari lokasi-nya, ini bertetangga dengan banyak rumah ibadah, mulai dari Gereja Advent, Masjid, Pura, dll.
 
Selanjutnya kita menuju komplek TNI AU Halim Perdana Kusuma, tidak jauh dari Bandara Halim, ada Gereja Santo Agustinus. Lumayan luas dan lengkap untuk fasilitas jalan Salib di outdoor untuk umat yang konon hanya 300 kepala keluarga saja ini.
 
Dari Halim, kita menuju seberang-nya, bertetangga dengan Museum Kesaktian Pancasila Lubang Buaya, ada Paroki Kalvari yang persis di perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi ini. Terakhir kita mengunjungi Paroki Servatinus di Kampung Sawah yang sudah masuk wilayah Bekasi dan berada di perkampungan Betawi.

 
Written & Photos by mazEdhoy 
© 2016 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved



No comments:

Post a Comment