15 December 2016

Hot Air Ballooning

Cyberedhoy, Gold Coast
15.12.16

Pagi-pagi buta sekitar jam 3:30 pagi kita sudah dijemput sama driver di lobby QT Hotel, langsung menuju beberapa tempat lagi untuk jemput tamu lain yang mau ikutan naik balon terbang. Perjalanan lumayan jauh ya, jadi bisa tiduran dulu. Peserta berikutnya ada sekitar 30 menit dari hotel kita, terus lanjut lagi ke titik kumpul berikutnya sekitar 45 menit perjalanan. 

Jam sudah menunjukkan waktu sekitar jam 4:45 pagi, matahari sudah mulai muncul dikit. Ternyata untuk ke lapangan tempat lokasi balon itu masih beberapa menit lagi. Rasa ngantuk sudah mulai hilang karena samar-samar pemandangan di luar yang lewatin desa-desa sangat menarik. Driver kita namanya Anton Mayer, mirip sama vokalis Marron 5 ya, meskipun nama mirip John Mayer. haha...

Sepanjang jalan menuju lapangan, Anton kasih safety induction via Video, dalam dua bahasa Inggris dan Tiongkok. Selain itu juga kasih tau apa saja do and don't selama kita terbang dengan balon gas itu. Dia meyakinkan bahwa pilot-nya orang yang sangat berpengalaman. Di Gold Coast ini ada beberapa provider balon udara, biasanya terbang atau enggak-nya tergantung cuaca dan keputusan pilot. Kalau cuaca buruk atau angin kencang ya gak jadi terbang.



Beruntung pagi ini cuaca cerah, sampai lokasi sekitar jam 5:30 pagi. Dan kita langsung mendapat instruksi untuk naik ke basket penumpang. Kebetulan barengan kita ada sembilan padangan lain. Jadi totalnya 19 orang dalam basket dengan si pilot. Entah kenapa yang naik kok pasangan semua ya, dari berbagai umur. Mungkin asyik kali ya terbang terbuka sama pasangan. haha...

Sebelum terbang kita di ajarin teknik mendarat drop, cover & hold-on mirip seperti istilah chopper landing saat emergency, bedanya di sini posisi badan kita bagian belakang nempel basket, kaki dan tangan menjulur ke depan sambil pegangan. Posisi jatuhnya kira-kita kalau lagi dalam keadaan terburuk diusahakan balonnya ke belakang, makanya posisi kita begitu kali ya, jadi kalau terbalik badan jadi gak kaget.



Anyway, ternyata pemandangan dari atas sangat hijau, hamparan rumput dan perbukitan dangan cuaca yang cerah sangat kontras, ditambah suasana hangat kalau pas gas dilepas keluar, hahaha...jadi salah kostum nih kita, berangkat kepagian karena masih adem, sampai atas kepanasan. Nah, karena pagi itu angin kurang sepoi-sepoi, jadi gue merasa tempat kita terbang gak bergerak. Hal ini dirasa pilot juga, sehingga diputuskan untuk mendarat. Hanya 30 menit di udara, padahal biasanya bisa sejam keliling. Sementara balon lain juga terlihat hanya satu. Gak banyak seperti bayangan gue di Turki ya.


Bagian gak enaknya dari atraksi ini adalah saat kita selesai mendarat, diminta bantuannya untuk melipat balon. Nah, ini sudah menguras tenaga (maklum belum makan), ternyata lebih lama daripada kita terbang. Cowok2 kebagian melipat, dan cewek2 kebagian pegangin kantong balonnya. Memang ga gampang ya lipetnya, mesti pelan2. Balon dibiarkan tergeletak di tanah, terus dari ujung bawah didorong2 ke bagian atas supaya keluar gas-nya. Habis itu digulung sampai kecil dan muat masuk kantong-nya.

Selanjutnya kantong balon dinaikkan ke trailer pakai davit crane yang ada di sana, sekalian sama keranjangnya. Setelah selesai kita foto bareng di situ dan perjalanan berlanjut dengan bus ke tempat makan pagi yang pemandangannya keren abis. Di sana adalah lembah daerah penghasil anggur, kita bisa cobain wine sepuasnya. Haha, tapi gimana mau puas ya, pas sarapan minum gituan malah sakit perut. haha...



Written & Photos by mazEdhoy 
© 2016 by Cyberedhoy Inc, Allrights Reserved.

No comments:

Post a Comment